Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Mourinho Puji Mallorca

By Arnoldi - Minggu, 15 Januari 2012 | 15:08 WIB
Jose Mourinho (Getty Images)

baru ini. Pelatih Real Madrid itu memuji Mallorca, tim yang dikalahkan Los Blancos 2-1, Minggu (15/1) dini hari WIB.

Mou memuji penampilan Mallorca di pertandingan tersebut mungkin karena Los Blancos sempat tertinggal 0-1 terlebih dahulu lewat gol Tomer Hemed pada menit 39. Madrid pun bahkan sempat kesulitan menembus pertahanan Mallorca, sebelum akhirnya berhasil menembusnya dan berbalik unggul lewat gol Gonzalo Higuain pada menit ke-72 dan Jose Maria Callejo pada menit ke-84.

"Kami menghadapi tim dengan pelatih hebat, yang mengorganisasi timnya secara baik dalam bertahan. Mereka sangat fokus dan semua pemain mereka bermain bersama sambil menunggu kesempatan melakukan serangan balik. Saya pikir mereka (Mallorca) tampil baik di babak pertama. Terkadang Anda harus memberikan kredit pada lawan Anda," ujar Mourinho, seperti yang dilaporkan Goal.

Mou sendiri mengaku harus melakukan beberapa modifikasi dalam taktiknya untuk menghadapi Mallorca. Pada pertandingan tersebut, Mou mengganti Marcelo dengan Fabio Coentrao agar Madrid bisa mengimbangi permainan Mallorca. Taktik itupun berhasil dan Madrid pun membawa pulang tiga poin pada pertandingan itu.

"Kami harus mengambil resiko di babaki kedua untuk menang dan melakukan perubahan spesifik jika kembali mencetak gol. Saya mengganti Marcelo karena saya ingin menggunakan tiga pemain bertahan untuk menghadapi tim yang memainkan dua pemain sayap dan satu penyerang sentral," lanjut Mou.

"Saya menggunakan tiga pemain yang cepat: Fabio, Sergio (Ramos), dan Pepe. Terkadang Anda harus mengganti pemain karena alasan taktis, bukan karena mereka bermain buruk," pungkas mantan pelatih Inter Milan, Chelsea, dan FC Porto tersebut.

Berkat kemenangan atas Mallorca, Madrid kini mankin kokoh di puncak klasemen dengan mengantongi 47 poin. Mereka unggul 8 angka atas Barcelona, yang baru akan bermain melawan Real Betis, Minggu (15/1).