Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Coleman Semakin Dekat ke Wales

By Ade Jayadireja - Senin, 16 Januari 2012 | 12:04 WIB
Chris Coleman (Getty Images)

Asosiasi sepak bola Wales (FAW) hampir mendapatkan pengganti Gary Speed. Mereka dikabarkan bakal segera menggelar pembicaraan dengan Chris Coleman, mantan pelatih Fulham dan Real Sociedad.

FAW sedang gencar mencari pelatih baru pasca-meninggalnya Speed pada November lalu. Mereka dikabarkan telah mengantongi sejumlah nama seperti John Hartson, Ryan Giggs, Raymond Verheijen, dan juga Coleman.

Dari sederet nama tersebut, Coleman muncul sebagai kandidat terkuat. Di sisi lain, Coleman sendiri mengaku akan mengadakan negosiasi dengan FAW pada pekan ini terkait kemungkinan menukangi The Dragons.

"Saya akan bertemu FAW pada pekan ini untuk mendiskusikan kondisinya," ucap Coleman pada Sky Sports 1. "Ini adalah situasi yang sangat sensitif sehingga jika saya ditawari pekerjaan dan saya menerimanya, itu akan menimbulkan emosi yang bercampur."

"Keadaan sangat sulit dan sensitif. Jika pekerjaan itu menjadi milik saya, maka akan menjadi puncak karier bagi saya. Menangani negara Anda sendiri adalah puncak untuk setiap manajer," imbuh lelaki berusia 41 tahun itu.

Namun, Coleman belum bisa berbicara banyak hingga perundingan dengan FAW benar-benar terjadi pada pekan ini. "Tapi kami akan lihat apa yang terjadi minggu ini. Semoga pembicaraan berjalan lancar dan saya mendapatkan pekerjaan tersebut. Dengan begitu, maka saya akan menjadi orang paling bahagia," katanya.

Coleman dan Speed diketahui berteman dekat semenjak keduanya membela timnas Wales dari periode 1992 hingga 2002. Setelah gantung sepatu, Coleman memulai karier kepelatihannya di Fulham pada tahun 2003 dan berpindah ke Sociedad empat tahun kemudian. Tim yang terakhir ditanganinya adalah Larissa, salah satu penghuni liga Yunani.