Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Yao Ming Terjun ke Dunia Politik

By Yudhi F. Oktaviadhi - Senin, 16 Januari 2012 | 18:18 WIB
Yao Ming (Feng Li/Getty Images)

Kesibukan Yao Ming belum juga berkurang. Meski telah pensiun dari kancah NBA, namun kesibukan Yao tetap saja menumpuk.

Pada Juli tahun lalu, Yao memutuskan untuk mundur dari Houston Rockets dan pada akhir tahun melanjutkan ke bangku kuliah. Ia juga membuka bisnis anggur dan memiliki sebuah klub basket profesional di Cina.

Kini kegiatan mantan center Rockets itu semakin bertambah dengan menjajaki dunia politik. Pria berpostur 229 cm itu menjadi anggota dewan penasihat untuk parlemen Shanghai.

Akhir pekan lalu Yao Ming dikabarkan menghadiri penutupan Konferensi Komite Konsultatif Politik Rakyat Cina di Shanghai.

"Ada 142 orang anggota badan ini dan Yao adalah yang paling muda," kata Kong Rong, seorang staff di komite seperti dilansir harian Cina Daily.

Komite penasihat ini tidak memiliki kekuatan nyata, tetapi Yao harus tetap menghadiri rapat-rapat reguler dan diperbolehkan mengajukan usulan baik untuk komite maupun departemen-departemen pemerintah. Yao yang masih baru berkecimpung di dunia politik mengakui dirinya harus banyak belajar.

"Memberikan usulan adalah sebuah pekerjaaan serius dan saya tak ingin terburu-buru," kata Yao.

Masuknya Yao ke dalam dunia politik bukan hal baru di Cina. Sebelumnya peraih medali emas olimpiade, Liu Xiang telah menjadi anggota dewan penasihat Shanghai dan nasional.

Selama berkarier di NBA, Yao menjadi selebriti paling populer di Cina. Kini ia juga tercatat sebagai mahasiswa Universitas Jiaotong, sebuah perguruan tinggi ternama di Shanghai.

November lalu, Yao meluncurkan botol pertama anggur bermerk Yao Ming yang sejauh ini baru bisa diperoleh di Cina.