Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Menang Tipis, City Tetap Kokoh di Puncak Klasemen

By Yudhi F. Oktaviadhi - Selasa, 17 Januari 2012 | 05:38 WIB
Wigan vs Man. City (Getty Images)

0 saat bertandang ke markas Wigan Athletic, Selasa dini hari WIB (17/1). Namun, sebiji gol tersebut cukup untuk menjaga jarak dari Manchester United di klasemen Liga Inggris.

Gol semata wayang yang tercipta di pertandingan ini bisa berarti bermacam-macam. Tapi, yang pasti The Citizen tetap kokoh di papan klasemen dengan tambahan tiga poin. City tetap yang teratas dengan kemasan 51 poin. Mereka masih menjaga jarak dengan pesaing terdekatnya, yakni United yang berada tiga poin di posisi kedua.

Tampil di depan pendukung mayoritas Wigan tidak ingin dipecundangi dan malu besar dengan menderita banyak kebobolan dari tim yang difavoritkan menjadi juara musim ini. Upaya keras memperlihatkan bahwa Wigan terbukti sanggup mengimbangi permainan selama 20 menit pertama.

Sayang, pada menit ke-22 City berhasil menciptakan gol. Berawal dari eksekusi bola mati David Silva, Edin Dzeko berhasil memenangi duel udara dan menceploskan bola ke gawang Ali Al Habsi.

Tim tuan rumah pun punya beberapa peluang bagus agar dapat kembali mengimbangi kedudukan di babak pertama. Namun, keberuntungan tidak berpihak kepada pasukan Roberto Martinez.

Pertandingan tampaknya sudah mendapatkan hasil akhir pada 45 menit pertama. Di paruh kedua permainan yang tidak jauh berbeda seperti babak pertama kembali terlihat.

Memang terlihat beberapa peluang yang diciptakan para penyerang masing-masing tim. Yang paling berbahaya adalah peluang James McCarthy pada menit ke-70 dan Sergio Aguero pada menit ke-85. Tapi, itu tidak mengubah papan skor.

Hingga akhir laga, kedudukan 1-0 untuk keunggulan Man. City tidak berubah. Meski terhindar dari kekalahan besar tim yang berposisi di klasemen berbanding terbalik dengan City itu semakin tenggelam di dasar klasemen dengan kemasan 15 poin.

****
Susunan pemain


Wigan Athletic: Ali Al Habsi, Gary Caldwell, Antolin Alcaraz, Maynor Figueroa, Ronnie Stam, James McCarthy, James McArthur (Ben Watson 68'), Jordi Gomez (Callum Mcmanaman 81'), Albert Crusat (Franco Di Santo 68'), Hugo Rodallega, Victor Moses.

Manchester City: Joe Hart, Joleon Lescott, Stefan Savic, Gael Clichy, Pablo Zabaleta, Gareth Barry, Samir Nasri (Nigel De Jong 74'), James Milner, David Silva (Nedum Onouha 81'), Edin Dzeko, Sergio Aguero (Adam Johnson 91').