Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Coleman Resmi Lanjutkan Tugas Almarhum Gary Speed

By Husein Noval - Jumat, 20 Januari 2012 | 00:25 WIB
Chris Coleman (Getty Images)

Mantan pelatih Fulham, Chris Coleman resmi ditunjuk sebagai pelatih timnas Wales menggantikan Gary Speed yang meninggal dunia November tahun lalu.

Lelaki kelahiran Swansea 41 tahun lalu itu akan melanjutkan tugas yang ditinggalkan Speed. Target utamanya adalah membawa Wales ke Piala Dunia 2014 di Brasil.

Coleman mengaku perasaannya campur aduk. Ia bangga memperoleh kesempatan ini, namun di sisi lain Coleman juga merasa sedih akibat kepergian Speed. Maklum, kedua orang ini dikenal akrab satu sama lain.

"Ini adalah momen paling membanggakan dalam karir saya, karena mendapat kesempatan memimpin negara saya," ujar Coleman dikutip dari Sky Sports. "Tapi saya mendapat kesempatan ini karena situasi yang tidak bisa diramalkan sebelumnya. tentu saya merasa sedih. Ini merupakan pengalaman berat untuk saya.

"Saya adalah teman dekat Gary, jadi ini merupakan pengalaman sulit untuk saya. Mungkin ini adalah konfrensi pers paling berat yang pernah saya jalani ataupun yang pernah saya bayangkan sebelumnya."

Usai gantung sepatu sebagai pesepak bola, Coleman memulai lembaran karir baru sebagai pelatih tahun 2003 ketika ditunjuk sebagi arsitek Fulham. Empat tahun di London Barat, ia kemudian sempat menanggani Real Sociedad dan Coventry City sebelum pergi ke Yunani untuk melatih Larissa pada Mei 2011 silam.

Tanggal 29 Februari nanti Coleman akan memulai debut ketika Wales menjamu Kosta Rika di Cardiff Stadium dalam partai uji coba. Pertandingan ini sekaligus akan jadi momen mengenang almarhum Speed. Kosta Rika dipilih sebagai lawan karena tim dari zona CONCACAF itu adalah negara yang dihadapi Speed dalam debutnya bersama Wales tahun 1990 lalu.