Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Anindito-Hamkah Bawa Mitra Kukar Menang

By Yudhi F. Oktaviadhi - Sabtu, 21 Januari 2012 | 17:25 WIB
Indonesia Super League

Mitra Kukar melanjutkan tren positifnya di Indonesia Super League (ISL) musim 2011/12. Setelah menang di kandang melawan duo tim Jawa Barat, Si Naga Mekes petik kemenangan di Stadion Petrokimia saat melawan Persegres, Sabtu (21/1).

Padahal, sejak laga dimulai Persegres lebih meyakinkan dibanding sang tamu. Tim berjuluk Laskar Joko Samudro itu langsung menggebrak guna mencetak gol lebih dulu. Bukan suatu kebetulan juga Laskar Joko Samudro bisa unggul cepat, tepanya pada menit kedua.

Gol itu terjadi berawal dari bola liar yang tak bisa dikuasai dengan baik oleh Gaston Castono, yang kemudian langsung disambar oleh Marwan Sayedeh dengan sepakan volinya. Bola tak terhadang dan masuk ke sudut kiri gawang Mitra Kukar yang dikawal Joice Sorongan.

Keunggulan itu tampak memantik semangat juang para punggawa Persegres. Namun, di sisi lain juga memacu Si Naga Mekes untuk mengejar ketinggalan. Sayang, dari berbagai upaya yang dilakukan Mitra Kukar, seperti Marcus Bent dan Nemanja Obric, tak ada satupun yang berujung manis.

Mitra Kukar malah nyaris kebobolan tepatnya pada menit ke-38. Beruntung gol urung terjadi setelah bola hasil sepakan kaki kiri Gaston melebar jauh ke sisi kiri gawang Mitra Kukar.

Memasuki babak kedua, pelatih Mitra Kukar, Simon McMenemy melakukan banyak pergantian. Salah satunya dengan memasukan Pierre Njanka.

Entah berpengaruh atau tidak, tapi yang pasti sejak masuknya Njanka, permainan Si Naga Mekes mulai menanjak naik. Mereka mulai rajin menyerang dari berbagai sisi.

Upaya itu tak sia-sia. Pada menit ke-71, Mitra Kukar bisa mengejar ketinggalan lewat tandukan Anindito, pemain yang masuk menggantikan Marcus Bent, setelah mendapat umpan dari Jajang Mulyana.

Tak sampai di situ. Tiga menit berselang Mitra Kukar bisa membalikan keadaan. Hamkah Hamzah yang mencetak gol setelah mendapat umpan dari tendangan bebas Ahmad Bustomi.

Situasi itu jelas tak menguntungkan bagi Persegres. Karena itu, mereka terus berjuang untuk mengejar ketinggalan. Tapi apa daya, tak satupun gol yang bisa dicetak Laskar Joko Samudro hingga laga berakhir. Skor 1-2 bertahan, dan Mitra Kukar dipastikan menang.

Dengan kemenangan ini, Mitra Kukar naik satu tangga ke posisi ketiga dengan 16 poin, menggusur Persiwa Wamena yang harus turun ke posisi keempat. Sementara itu, hasil ini membuat Persegres harus puas tetap berada di tangga nomor 14 dengan poin tujuh.

Susunan Pemain:

Persegres: Hery Prasetya, Wismoyo WP, Lan Bastian BT (Rudianto 47'),Ade Suhendra, Anang Ma'ruf, Uston Nawawi, Kacung Khoirul, James Koko Lomel, Gustavo Chena, Marwan Sayedeh, Gaston Castano  

Mitra Kukar: Joice Sorongan, Isnan Ali, Hamkah Hamzah, victor Simon (Pierre Njanka 46'), Ardan Aras, Sausu, Ahmad Bustomi, Nemanja Obric, Lee Saong Min (Seiji Kaneko 40'), Jajang Mulyana, Marcus Bent (Anindito 63')