Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Debut RD Diwarnai Reuni

By Yudhi F. Oktaviadhi - Senin, 23 Januari 2012 | 09:10 WIB
Pelatih baru Pelita Jaya, Rahmad Darmawan (Peksi Cahyo/Bolanews)

Resmi bergabung dengan Pelita Jaya, Kamis ((19/1), Rahmad Darmawan menjalani debutnya bersama The Young Guns dengan menghadapi salah satu klub yang pernah diasuhnya, Persija Jakarta. Aroma reuni pun akan terasa di Stadion Manahan Solo, Senin (23/1).

Ya, Pelita Jaya yang baru saja mendapatkan mantan pelatih timnas U-23 sebagai pelatih kepala itu memang harus memindahkan laga kandang mereka ke Solo karena tidak mendapatkan izin untuk menggelar pertandingan di Karawang. Di tempat netral tersebut laga antara Pelita Jaya dan Persija diyakini akan sangat seru.

Pertemuan ini kental dengan ajang reuni. Selain menghadapi mantan klub yang pernah ditanganinya, pelatih yang akrab disapa RD itu akan kembali bertemu dengan sejumlah pemain muda Persija yang tergabung dalam timnas U-23 di SEA Games ke-26 seperti Andritany Ardhyasa, Johan Juansyah, Ramdani Lestaluhu, dan Hasim Kipuw.

RD pun sebenarnya sedikit terkejut dengan debutnya sebagai pelatih Pelita Jaya itu. Namun, kendati memiliki perasaan tidak enak harus menghadapi klub yang pernah diasuhnya, RD yakin mampu profesional untuk membawa The Young Guns meraih tiga poin di laga kandang yang dipindahkan ini.

“Saya tidak memperkirakan sudah harus melakukan reuni saat menjalani debut sebagai pelatih Pelita. Namun, setiap pelatih pasti pernah atau akan mengalami situasi seperti ini. Tentu saya agak merasa tidak enak, tapi saya tetap profesional menghadapi laga ini,” kata Rahmad.

Setelah menjalani latihan bersama sejak Jumat (20/1), mantan pelatih timnas U-23 ini mengaku tak banyak melakukan perubahan dalam skuad Pelita Jaya. Menurutnya yang terpenting para pemain bisa beradaptasi dengan gaya kepelatihannya karena lawan yang dihadapi di laga ini cukup berat.

"Yang lebih penting lagi, pemain bisa cepat beradaptasi dengan sistem kepelatihan saya. Apalagi kami menghadapi Persija. Mereka tim yang bagus dan mampu menyeimbangkan antara bertahan dan menyerang. Hampir semua pemain Persija pernah saya tangani,” jelas RD.

Pada laga ini, RD harus kehilangan salah satu pemain berbahaya yang dimiliki timnya. Greg Nwokolo harus absen pada pertandingan yang juga merupakan reuni bagi dirinya itu akibat akumulasi kartu kuning.

/Gonang Susatyo