Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Pique Puji Guardiola

By Lilianto Apriadi - Selasa, 24 Januari 2012 | 19:22 WIB
Gerrard Pique (David Ramos/Getty Images)

Bek tangguh Barcelona, Gerrard Pique, memuji pelatihnya, Josep "Pep" Guardiola. Pique menekankan Guardiola mempunyai filosofi sepakbola yang fantastis. Pique juga menambahkan, Guardiola tahu bagaimana cara untuk membentuk tim dengan sempurna.

Sejak mengambil alih kursi pelatih Blaugrana pada musim panas 2008, Guardiola telah menyumbangkan 13 trofi juara bagi El Barca. Tiga gelar Primera Division, tiga Piala Super Spanyol, dua Liga Champion, dua Piala Super Eropa, dua Piala Dunia Antarklub, serta satu gelar Copa Del Rey. Prestasi yang mentereng itu membuat Pique angkat bicara. Pique tak segan-segan melayangkan pujian terkait performa Guardiola di klub Catalan tersebut.

"Pep memiliki pandangan yang berbeda dari pelatih-pelatih lain tentang sepak bola dan dia menjelaskannya dengan sangat baik. Banyak pelatih hanya meminta Anda bergerak ke kiri ataupun ke kanan. Tapi Pep memberikan alasan mengapa Anda harus melakukan itu. Jadi Anda mengerti apa yang harus dilakukan," ungkap Pique kepada Fifa.com.

Pique juga menegaskan Pep berhasil memotivasi rekan-rekannya di Barca agar terus berjuang meraih gelar. Bek yang memiliki hubungan asmara dengan Shakira itu menyatakan banyak klub kehilangan motivasi setelah meraih banyak gelar, tapi tidak demikian dengan Pep. Pep mendorong anak asuhannya agar haus akan gelar sepanjang waktu. Hal tersebut berhasil membuat pasukan Blaugrana tampil optimal di setiap pertandingan.

"Kami ingin merasakan nikmatnya menjadi pemenang, lagi dan lagi. Pep tidak mau berhenti hanya sampai di sini (setelah memenangi banyak gelar). Dia selalu mencoba untuk mengeluarkan kemampuan yang terbaik dari setiap pemain."