Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Semifinal Impian: Nadal versus Federer

By Eky Rieuwpassa - Selasa, 24 Januari 2012 | 21:07 WIB
Rafael Nadal (Getty Images)

7 (5), 7-6 (6), 6-4, 6-3.

Di awal pertandingan, penampilan Nadal mengecewakan. Ia berada di bawah tekanan Berdych sehingga beberapa kali pukulnya melebar keluar lapangan. Set pertama mampu direbut Berdych 6-7 (5). Tak ingin terus berada dalam tekanan Berdych, Nadal mencoba bangkit di set kedua. Kebangkitan Nadal diikuti dengan penampilan gemilang Berdych. Sepanjang set kedua itu, terjadi kejar-mengejar angka hingga memasuki tiebreak. Namun, ketenangan Nadal membuat ia tampil bagus dan berhasil menang 7-6 (6).

Setelah mampu membuat kedudukan sama kuat 1-1, Nadal mulai menemukan permainan terbaiknya. Ia bahkan sempat unggul 2-0 melalui sebuah break. Berdych membuat kejutan dengan menyamakan kedudukan 2-2. Nadal kembali bangkit dengan melakukan break di gim kelima set kedua untuk kembali memimpin 3-2, dan kemudian terus memimpin perolehan skor hingga akhirnya berbalik unggul 2-1 dengan memastikan kemenangan 6-4.

Dalam posisi unggul 2-1, Nadal tidak menemui kesulitan berarti untuk meraih kemenangan di set keempat. Pukulan pukulan backhand atau forehand petenis Spanyol itu sulit dikembalikan Berdych. Nadal akhirnya memastikan kemenangan 3-1 setelah menang 6-3 di sete keempat sekaligus melaju ke semifinal.

Pada babak empat besar nanti, Nadal akan bertemu musuh bebunyutannya, Roger Federer. Partai itu merupakan semifinal impian di Australia Ternuka. Nadal dan Federer telah bertemu sebanyak 25 pertandingan dan Nadal memenangi telah 17 laga sedangkan Federer baru meraih delapan kemenangan.