Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kalahkan SFC, Persiwa Rebut Posisi Ketiga

By Benediktus Gerendo Pradigdo - Selasa, 24 Januari 2012 | 21:50 WIB
Edison Pieter Romaropen, gol tunggalnya ke gawang SFC bawa Persiwa ke posisi ketiga. (Arief Bagus/Bolanews)

0 di Stadion Pendidikan, Kabupaten Wamena, Papua, Selasa (24/1) malam WIT. Gol tunggal Edison Pieter Romaropen membuat Persiwa menanjak ke posisi ketiga klasemen Indonesia Super League (ISL).

Persiwa berhasil memanfaatkan absennya beberapa pilar SFC di pertandingan ini, antara lain Kapten SFC, Ponaryo Astaman, dua legiun asing, Lim Jun Sik dan Thierry Gathussi, serta kiper utama mereka, Ferry Rotinsulu.

Setelah sulit memecah kebuntuan di babak pertama, akhirnya tim tuan rumah berhasil unggul dalam waktu kurang dari tiga menit setelah babak kedua dimulai melalui gol yang diciptakan Edinson Pieter Romaropen. Keunggulan tipis yang diraih Persiwa itu pun bertahan hingga pertandingan berakhir.

Mengomentari kemenangan atas SFC hari ini, Manajer Persiwa, Agus Santoso, merasa bersyukur timnya bisa menang melalui kerja keras para pemainnya dalam laga yang melelahkan hari ini.

"Kita tahu SFC punya materi pemain yang bagus dengan level tim nasional, seperti Firman Utina, Ponaryo Astaman dan Ferry Rotinsullu. Itu menjadi pertandingan yang berat dan melelahkan bagi kami. Namun, kami bersyukur bisa menang di pertandingan yang membutuhkan kerja keras ini," ujar Agus Santoso ketika dihubungi Bolanews.com.

Agus juga memuji permainan SFC di Stadion Pendidikan malam ini, di mana menurutnya SFC tetap memperlihatkan permainan yang sangat berkualitas dengan materi pemain mereka yang jauh lebih baik dari timnya. "SFC bermain sangat bagus, sangat-sangat bagus. Menit-menit pertama kami sangat kesulitan karena materi pemain mereka lebih unggul," puji Manajer Persiwa itu.

Kemenangan Persiwa atas SFC itu membuat tim asal Papua itu naik ke posisi ketiga dalam klasemen ISL dengan 17 poin dari sembilan pertandingan yang sudah mereka jalani. Sementara Sriwijaya FC harus turun tahta dari posisi puncak karena hari ini Persipura berhasil menang 3-1 dalam derby Papua dengan Persiram Raja Ampat.