Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Reina Yakin Liverpool Butuh Tiga Tahun untuk Juara

By Galih Rachdityo - Kamis, 26 Januari 2012 | 01:24 WIB
Pepe Reina (Laurence Griffiths/Getty Images)

Kiper Liverpool, Pepe Reina, meminta kesabaran para fan mengenai performa The Reds di musim 2011/12 ini, dan mengakui bahwa kemungkinan membutuhkan waktu selama tiga tahun lagi bagi klub Merseyside ini untuk bersaing dalam perebutan titel juara Premier League.

Dalam kurun waktu selama 12 bulan terakhir, Liverpool sudah mengalami perombakan skuad besar-besaran, dengan beberapa pemain yang tampil di starting XI baru berada di Anfield sejak tahun lalu.

Menengok performa The Reds sepanjang bergulirnya kompetisi Premier League musim 2011/12 ini, Reina meyakini bahwa tugas paling rasional bagi skuad besutan Kenny Dalglish adalah mengamankan posisi empat besar di akhir musim.

"Saya pikir membutuhkan waktu selama dua atau tiga tahun lagi sebelum kami siap untuk bersaing dalam perebutan titel juara Premier League dan Liga Champion lagi," kata kiper internasional Spanyol itu di The Daily Mail. "Semoga bisa datang secepatnya, tapi kami tetap menjaga jarak untuk mencapai babak final Piala Carling," imbuhnya.

"Kami belum memenangkan trofi juara lagi semenjak terakhir kalinya di 2006, dan sangat penting bagi klub untuk mendapatkan trofi di musim ini. Di Liverpool, memenangkan trofi juara sangat vital dan kami berpeluang mendapatkannya dari ajang Piala Carling," ungkap Reina.

"Tentu saja kami tetap berusaha untuk bisa menembus zona Liga Champion untuk musim depan, tapi kami sadar akan cukup sulit. Meski begitu, Liverpool adalah klub hebat dan sudah terbiasa meraih kemenangan," cetus kiper berusia 29 tahun ini.

Sepanjang musim ini bergulir, The Reds sudah mengoleksi delapan laga yang berakhir dengan hasil imbang, dan banyak di antaranya sewaktu menghadapi tim-tim papan bawah.

"Kami adalah tim yang hebat, khususnya secara taktik, tapi kami mungkin hanya kurang sedikit imajinasi dan kreativitas saja untuk memenangkan setiap pertandingan," ungkap eks kiper Villarreal itu.

"Kami sudah gagal untuk menyelesaikan setiap pertandingan dengan hasil yang baik dan kehilangan poin di mana seharusnya Liverpool bisa meraih kemenangan," lanjut Reina.

"Saat ini, kami merupakan tim yang bisa disandingkan dengan tim mana pun juga. Kami juga memiliki pemain-pemain hebat, tapi kami masih harus menunjukkan kualitas lebih banyak lagi. Inilah tuntutan dari sejarah Liverpool," pungkasnya.