Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Mancini Kembali Salahkan Wasit

By Ade Jayadireja - Kamis, 26 Januari 2012 | 14:53 WIB
Roberto Mancini (Getty Images)

Untuk kesekian kalinya di musim 2011/12, Roberto Mancini mengkritik kinerja wasit di Premier League. Kali ini ia menyinggung soal wasit Phil Dowd yang mempin laga Piala Carling antara Manchester City dan Liverpool di Anfield, Kamis (26/1) dini hari WIB.

Kekecewaan Mancini dipicu oleh gol The Reds di babak pertama. Kala itu, Dowd memberikan penalti untuk tim tuan rumah setelah bola hasil tendangan Daniel Agger mengenai tangan Micah Richards. Steven Gerrard yang maju sebagai algojo, menjalankan tugasnya dengan baik.

Mancini beranggapan bahwa penati tersebut tidak seharusnya terjadi. Menurutnya, bola menyentuh kaki Richard, bukan tangan.

"Seharusnya itu bukan penalti, bola menyentuh kaki. Saya tidak tahu bagaimana mungkin dia bisa memberikan penalti," ujar pelatih The Citizen itu seperti dikutip laman Daily Mail.

Komplain Mancini tak berhenti sampai di situ. Ia juga mengklaim Dowd telah berlaku tak adil karena tidak memberi timnya penalti saat Edin Dzeko dilanggar Charlie Adam di kotak terlarang.

"Saya merasakan ketidakadilan. Dalam dua bulan terakhir, kami telah sangat dirugikan oleh wasit. Saya belum berbicara dengan wasit, tidak mungkin berbicara dengannya. Saya harap mereka bisa mengubah hasil pertandingan malam ini," tuntas lelaki asal Italia tersebut.

Meski skor akhir 2-2, Mancini dan pasukannya gagal melaju ke babak final Piala Carling, sebab di leg sebelumnya mereka kalah 0-1 dari Liverpool. Di partai puncak yang berlangsung Februari mendatang, Gerrard dkk. akan berhadapan dengan Cardiff City.