Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Singkirkan Federer, Nadal Sentuh Final

By Yudhi F. Oktaviadhi - Kamis, 26 Januari 2012 | 21:23 WIB
Rafael Nadal (Getty Images)

7 (5), 6-2, 7-6 (5), 6-4. Kemenangan itu membawa Nadal ke final.

Pertemuan kedua musuh bebunyutan di Melbourne itu merupakan pertai ke-27 bagi keduanya atau pertandingan kedelapan mereka di ajang grand slam. Setiap kali bertemu, pertandingan keduanya dipastikan bakal berjalan seru dan ketat.

Di set pembuka, keduanya memainkan reli-reli panjang sehingga sering terjadi kejar-mengejar angka. Federer mampu memanfaatkan kesempatan telat panas Nadal untuk merebut kemenangan di set pertama, 7-6 (5).

Memasuki set kedua, Nadal mampu bangkit. Ia memanfaatkan kecepatan servisnya untuk meraih banyak poin. Hasilnya Nadal menyamakan kedudukan menjadi 1-1 setelah menang mudah, 6-2.

Pertandingan kembali seru di set ketiga. Federer yang sering gagal dalam mengambalikan servis Nadal mencoba untuk tampil lebih fokus dan tenang. Namun, kehebatan Nadal dalam melepaskan pukulan ke sudut lapangan Federer membuat ia mampu berbalik unggul 2-1 setelah menang di set ketiga.

Set keempat kembali menjadi milik petenis berusia 25 tahun itu. Federer sempat mengejar, tetapi ketangguhan Nadal mampu menyelesaikan pertandingan dengan skor 6-4. Setelah melewati pertarungan menegangkan selama tiga jam 41 menit, petenis kidal itu akhirnya memastikan satu tempat ke babak final. Pada laga puncak nanti Nadal akan bertemu pemenang antara Andy Murray atau Novak Djokovic.