Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Fernandes: Caterham akan Saingi Ferrari-Red Bull

By Eky Rieuwpassa - Jumat, 27 Januari 2012 | 17:18 WIB
Tony Fernandes (Getty Images)

Menjelang bergulirnya seri pertama Formula One 2012, bos tim Caterham, Tony Fernandes berani sesumbar mengenai target tim. Fernandes yakin Caterham bakal berbicara banyak dalam persaingan F1 musim ini. Target realistis yang dipasang yakni menembus papan atas klasemen pabalap maupun konstruktor.

Musim ini merupakan tahun ketiga Fernandes di kancah F1. Dua tahun sebelumnya, pengusaha asal Malaysia itu menangani tim Lotus Racing dan tim Lotus Renault. Di akhir musim 2011, ia memutuskan untuk mengganti nama timnya menjadi Caterham.
 
Perubahan nama itu diharapkan bisa mendongkrak prestasi Caterham. Tidak tanggung-tanggung, Fernandes berharap tim ini bisa menjadi pensaing bagi tim hebat sekelas Ferrari ataupun Red Bull.

“Musim ini, saya ingin tim mencetak poin perdana secepatnya dan itu akan kami wujudkan. Jika berkaca dari perjalanan musim lalu, saya rasa kami akan meraih prestasi lebih dari sebelumnya. Target itu cukup realistis,” ujar Fernandes kepada Planetf1.com, Jumat (27/1).
 
Selama musim lalu, Lotus hanya finis di peringkat 10 klasemen konstruktor dari 12 tim. Tim yang bermarkas di Malaysia itu tidak meraih satu pun poin sepanjang musim.
 
Kini, Fernandes optimis masa-masa suram itu tidak akan terulang lagi di tahun ini. “Saya sangat percaya diri kalau kami akan mengancam tim papan atas dan kami ingin meraih banyak poin,” ucap pemilik maskapai penerbangan Air Asia itu.

Di musim ini Caterham akan diperkuat oleh dua pebalap, Jarno Trulli dan Heikki Kovalainen. Sementara seri perdana F1 akan bergulir pada 16-18 Maret di Melbourne, Australia, dan akan seri pamungkas di Brasil, 23-25 November.