Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Persiba Bantul Curi Poin dan Posisi Persebaya

By Benediktus Gerendo Pradigdo - Sabtu, 28 Januari 2012 | 17:37 WIB

0 atas Persebaya Surabaya, Sabtu (28/1). Tak hanya mencuri poin maksimal, Persiba juga menggeser Persebaya dari posisi ketiga klasemen Indonesia Premier League (IPL).

Persebaya harus mengakui kuatnya lini pertahanan Persiba sejak awal pertandingan. Berkali-kali Persebaya berusaha menekan, namun rapinya lini belakang Persiba yang didukung penampilan cemerlang kiper Wahyu Tri Nugroho membuat tak satu pun peluang tim tuan rumah berbuah gol.

Andrew Barisic justru membuang peluang emas Persebaya pada menit ke-28. Sundulan kepalanya setelah memanfaatkan umpan silang dari sisi kiri lapangan hanya membuat bola membentur tiang gawang Persiba. Persebaya pun harus mengakhiri babak pertama di kandang ini tanpa sebuah gol pun mereka ciptakan ke gawang Persiba.

Penampilan cemerlang terus diperlihatkan kiper Persiba, Wahyu Tri Nugroho, di babak kedua. Tembakan keras Mario Karlovic pada menit ke-71 masih bisa dihentikannya dengan baik. Bahkan umpan silang Andik Vermansyah ke jantung pertahanan Persiba pada menit ke-74 dipotong dengan baik oleh kiper Persiba tersebut.

Asik menyerang untuk memastikan poin maksimal di laga kandang tampaknya membuat Persebaya lengah di lini belakang. Enam menit menjelang pertandingan usai, gawang Persebaya yang dikawal Endra Prasetya justru bobol oleh pemain pengganti Persiba, Kamui Cornelis, yang berhasil memaksimalkan bola rebound hasil tembakan Slamet Nur Cahyo yang sebelumnya bisa dihalau Endra Prasetya.

Kemenangan Persiba Bantul di Gelora 10 Nopember menjadi pukulan telak bagi Persebaya. Tak hanya kehilangan tiga poin di depan Bonek Mania, Persebaya juga harus rela tempatnya di posisi ketiga klasemen IPL tergeser oleh tamunya hari ini. Persiba bertengger di posisi ketiga dengan 10 poin dari enam pertandingan yang sudah mereka jalani.