Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Indra Syafri Apresiasi Penampilan Timnya

By Frengky Aruan - Minggu, 29 Januari 2012 | 17:26 WIB
Indra Syafri (Arief Bagus)

17 di kancah internasional. Dengan persiapan yang minim, tim besutan Indra Syafri itu bisa menjuarai HKFA International Youth Football Invitation Tournament 2012 di Hong Kong.

Sebelum memastikan diri menyandang predikat juara, Indonesia harus melewati beberapa hadangan. Bukan hanya tim peserta, seperti tuan rumah Hong Kong, Singapura, dan Macau, Garuda Muda juga harus bisa bermain di bawah suhu udara yang cukup dingin.

Selain itu, Indonesia harus melakoni laga di lapangan yang tak biasa. Ya, di ajang tersebut, sang penyelenggara dalam hal ini asosiasi sepak bola Hong Kong (HKFA) memang memakai lapangan dengan rumput sintesis.

Dengan persiapan yang sangat minim, tantangan itu memang terasa sulit. Tapi hal itu tetap tak menghambat langkah Garuda Muda tampil bagus di setiap laganya. Buktinya Indonesia bisa menerobos hadangan dengan memetik kemenangan disetiap laganya. Yang terbaru, timnas Indonesia U-17 berhasil melumat Singapura dengan skor meyakinkan 3-1.

Ketika ditanya mengenai strategi bermain di laga melawan Singapura, Indra Syafri, pelatih Indonesia U-17 mengaku mempunyai strategi khusus di laga tersebut. "Di babak pertama saya menurunkan pemain yang tidak bermain di laga sebelumnya. Barulah di babak kedua saya melakukan rotasi. Ada lima pemain yang saya gantikan. Saya juga menekankan agar pemain mencetak gol," terang Indra saat dihubungi Bolanews, Minggu (29/1).

Untungnya, strategi yang dibuat Indra berjalan sesuai rencana. Setelah sempat tertinggal lewat gol Lee Si Qin Illyas pada menit ke-37, Garuda Muda berhasil mencetak tiga gol di babak kedua. Dua dari tiga gol Indonesia diciptakan F. F. Sabeq. Sementara satu sisanya dibuat oleh sang kapten, Evan Dimas Darmono.

"Saya puas. Saya ingin berterima kasih kepada seluruh pemain. Mereka bermain bagus," kata Indra. Perhatian khusus juga ditujukan Indra pada Sabeq. "Kebetulan Sabeq tidak turun di laga sebelumnya. Tapi ketika diturunkan ia bermain bagus. Ia bisa mencetak dua gol."

Meski mengaku puas, Indra sendiri menegaskan dirinya tak ingin berpuas diri. Ia mengaku akan tetap mengevaluasi timnya. "Untuk sementara memang saya puas. Tapi, saya akan tetap melakukan evaluasi. Banyak hal yang harus kami perbaiki," terangnya.

Indra juga berharap timnya terus menunjukkan performa terbaik. Pasalnya, sambung Indra, dirinya akan tetap memanggil sejumlah pemain untuk ikut seleksi timnas U-17. "Saya sudah bilang kepada mereka agar siap. Saya meyakini masih banyak pemain bagus di luar sana."