Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Badai Cedera Menghantui AC Milan

By Parlindungan Siahaan - Minggu, 29 Januari 2012 | 17:31 WIB
Massimiliano Allegri (Enrico Locci/Getty Images)

Juara Serie A musim lalu, AC Milan, kembali mendapat tantangan untuk mempertahankan gelar scudetto akhir pekan ini. Dini hari nanti (30/1) Milan akan menjamu tamunya, Cagliari, di stadion kebanggaan milik I Rossoneri, San Siro.    

Pelatih Milan, Massimiliano Allegri, dipusingkan oleh cedera sejumlah pilar menjelang kedatangan Cagliari. Lebih gawat lagi, beberapa pemain yang bakalan absen adalah punggawa lini tengah Milan yang menjadi poros utama kekuatan Il Diavolo Roso musim ini. Sebut saja Kevin-prince Boateng, Mathieu Flamini dan Gennaro Ivan Gattuso. Belum lagi ditambah cedera yang diderita Alberto Aquilani dan bintang muda Milan, Alexander Merkel, yang mengalami masalah pada lutut seusai laga melawan Lazio di Coppa Italia. Sementara itu, Antonio Cassano dan Mario Yepes masih menjalani perawatan untuk jangka waktu yang lama.

Kabar baik bagi Massimiliano Allegri adalah kembalinya kiper utama Christian Abbiati yang sudah pulih dari cedera betis dan siap bermain melawan Cagliari. El Shaarawy pun dalam beberapa pertandingan terakhir sudah mulai nyetel dengan skuad Milan dan bisa menjadi alternatif di lini tengah. Di sektor belakang, Urby Emanuelson bermain apik ketika ditempatkan di posisi aslinya, bek kiri. Meski Djamel Mesbah yang baru ditransfer dari Lecce juga bermain bagus ketika melawan Lazio, sepertinya Allegri lebih memilih Emanuelson karena Mesbah masih beradaptasi dengan skema mantan pelatih Cagliari tersebut.

Barisan penyerang Milan masih akan ditempati duet Ibrahimovic dan Robinho. Ketergantungan Milan akan Ibra musim ini tidak terbantahkan. Terbukti Abracadabra telah mencetak 14 gol dan 3 assists selama separuh musim berjalan. Sementara itu, striker yang baru dipinjam Milan dari Catania hingga akhir musim, Maxi Lopez, belum bisa bermain karena baru saja menyelesaikan proses transfernya pada Jumat (27/1) malam.

Di pihak lawan, Cagliari hanya ditinggal oleh penyerangnya, Nene, dan bek tengah Lorenzo Ariaudo yang masih menjalani program pemulihan cedera. Sedangkan Mauricio Pinilla yang baru saja ditransfer dari Palermo, menyatakan sudah siap melakoni debut bersama I Rossoblu. Tapi, hal itu tergantung keputusan pelatih Cagliari, Davide Ballardini, yang akan memainkannya sejak menit pertama atau hanya menjadi pemain pengganti.

Prakiraan susunan pemain

AC Milan: Abbiati; Abate, Nesta, Thiago Silva, Antonini; Ambrosini, Van Bommel, Nocerino; Seedorf; Ibrahimovic, Robinho
Cagliari: Agazzi; Pisano, Canini, Astori, Agostini; Dessena, Conti, Nainggolan; Cossu; Larrivey, Ibarbo