Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Djokovic Menangi Final Australia Open Terpanjang

By Arnoldi - Minggu, 29 Januari 2012 | 20:39 WIB
Novac Djokovic (Getty Images)

Novac Djokovic berhasil mempertahankan gelar jawara Australia Terbuka. Lewat duel terpanjang di sepanjang sejarah Australia Terbuka, Djokovic sukses mengalahkan Rafael Nadal dalam lima set di Rod Laver Arena, Minggu (29/1) sore WIB.

Pada duel tersebut, Djokovic tampil tak begitu baik di set pertama. Sempat memimpin 2-1 dari Nadal, Djokovic melempem sehingga bisa disusul dan diungguli musuh bebuyutannya itu. Walau memberikan perlawanan sehingga imbang 4-4, petenis asal Serbia itu akhirnya menyerah dengan skor 5-7.

Di set kedua, penampilan Djokovic mulai membaik. Ia menemukan ritmenya. Walau mendapat perlawanan cukup keras, Djokovic berhasil memenangi set kedua dengan skor 6-4.

Keadaan di set ketiga tak berubah sama sekali bagi Djokovic. Petenis berusia 24 tahun itu tetap mendominasi Nadal. Namun, tak seperti set sebelumnya, Djokovic tidak mendapat perlawanan berarti dari Nadal sehingga ia bisa menang mudah dengan skor 6-2.

Di set keempat semuanya berbalik. Djokovic tak dibiarkan menang mudah oleh Nadal. Kedua petenis teratas dunia itu saling kejar-mengejar angka. Karena berakhir imbang 6-6, set keempat pun terpaksa harus menggelar tie-break, yang akhirnya dimenangi Nadal dengan 7-6 (7-5).

Di set penentuan alias set kelima, pertandingan semakin ketat. Keduanya kembali saling kejar-mengejar skor. Namun, pada akhirnya Djokovic-lah yang berhasil keluar sebagai pemenang dengan memenangi set kelima 7-5.

Gelar juara Australia Terbuka 2012 ini menjadi titel grand slam kelimanya sampai saat ini. Sebelumnya Djokovic juga sudah meraih tiga gelar grand slam yakni dua gelar juara Australia Terbuka, dan masing-masing satu titel Prancis Terbuka dan AS Terbuka. Selain itu, Australia Terbuka 2012 ini merupakan grand slam ketiganya secara beruntun, sehingga ia menjadi pria kelima di Era Open yang bisa memenangi tiga gelar grand slam secara berturut-turut.