Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Enam Tim Lolos ke Perempat Final Piala Afrika

By Peksi Cahyo Priambodo - Selasa, 31 Januari 2012 | 15:38 WIB
Ahmed Al Basha, Sudan (Alexander Joe/AFP)

Banyak terjadi kejutan di Piala Afrika 2012. Tim seperti Zambia, Guinea Khatulistiwa, Sudan, dan Gabon memastikan diri lolos ke perempat final menyusul Pantai Gading dan juara Piala Afrika 2004, Tunisia, yang lolos ke fase selanjutnya. Dua tiket tersisa masih diperebutkan pada Grup D.

Pada kualifikasi Grup A, terjadi kejutan. Zambia dan Guinea Khatulistiwa memastikan diri lolos ke babak perempat final. Zambia sukses mengalahkan Guinea Khatulistiwa dengan skor 1-0. Meski kalah, Guinea Khatulistiwa lolos ke babak selanjutnya setelah mengantongi dua kali menang dan satu kali kalah, sedangkan Zambia mengantongi dua kali menang dan sekali seri. Sementara itu, Libya dan Senegal gagal melaju ke babak selanjutnya.    

Di Grup B, Pantai Gading memastikan diri lolos setelah mengalahkan Angola 2-0, Senin (30/1). Menit ke-30 Emmanuel Eboue mencetak gol saat menerima bola muntahan dari Bony Wilfried. Memasuki babak kedua, Wilfried menambah gol pada menit ke-64 memanfaatkan kesalahan lini belakang Angola. Jejak Pantai Gading diikuti oleh Sudan yang berhasil mengalahkan Burkina Faso 2-1.   

Dari Grup C, Gabon dan Tunisia memastikan diri lolos setelah kedua tim tersebut mengantongi dua kemenangan, sedangkan Maroko, juara Piala Afrika 1976, gagal melaju ke babak berikutnya karena menerima dua kali kekalahan.

Masih tersisa dua tiket di Grup D yang diperebutkan oleh Ghana, Mali, Guinea, dan Botswana. Botswana masih bisa lolos asalkan pada Rabu (1/2), mampu mengalahkan Mali dengan selisih sembilan gol dan di saat yang sama Ghana mengalahkan Guinea.