Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Sudan Temani Pantai Gading ke Perempat Final

By Yudhi F. Oktaviadhi - Selasa, 31 Januari 2012 | 17:05 WIB
Tim Nasional Sudan (Alexander Joe/Getty Images)

1. Dengan hasil itu, Sudan menggeser Angola di posisi ke-2 dan menemani Pantai Gading yang ke luar sebagai juara grup setelah membungkam Angola 2-0.

Mudather Eltaib mencetak dua gol di masing-masing babak yang membawa Sudan menyingkirkan Angola di persaingan Grup B Piala Afrika 2012. Sudan lolos karena memiliki selisih gol yang lebih baik dibanding Angola. Kemenangan ini sangat berarti bagi Sudan karena inilah kemenangan pertama bagi mereka di ajang Piala Afrika setelah puasa lebih dari tiga dekade. Pelatih Sudan, Muhammad 'Mazda' Abdullah senang bukan kepalang. Dirinya menyatakan Sudan layak atas kemenangan tersebut.

"Kami layak lolos ke perempat final. Kami bermain sangat baik. Kami adalah salah satu tim yang banyak memiliki pemain muda, dengan usia rata-rata 24 tahun. Kami membuat kemajuan di setiap pertandingan. Ini adalah salah satu pertandingan terbaik bagi kami," tutur Abdullah.

Di pihak lawan, pelatih Burkina Faso asal Portugal, Paulo Duarte, menyatakan dirinya puas dengan penampilan anak buahnya seraya menegaskan beliau optimistis dengan masa depan pasukannya tersebut.

"Jika saya tetap melatih Burkina Faso, kami akan lolos ke Piala Dunia. Kami memiliki kualitas untuk melakukan itu," jelas Duarte.  

Di babak perempat final, Sudan akan bertemu dengan juara Grup A, Zambia, yang dijadwalkan bertanding pada Sabtu (4/2).