Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ahn Jung Hwan Pensiun dari Dunia Sepak Bola

By Peksi Cahyo Priambodo - Rabu, 1 Februari 2012 | 12:13 WIB
Ahn Jung Hwan (kanan) (Chung Sung-Jun/Getty Images)

Penyerang tim nasional Korea Selatan, Ahn Jung Hwan, memutuskan untuk gantung sepatu setelah 14 tahun berkarier. Sosok berusia 36 tahun itu telah tampil bersama Taegeuk Warriors sebanyak 71 kali. Ahn mengkonfirmasi pensiun dari sepak bola dalam konferensi pers di Seoul pada Selasa (31/01).

Mantan pemain Perugia, Shimizu S-Pulse, Yokohama F.Marinos, FC Metz, MSV Duisburg, dan Dahlian Shide itu mengatakan ketika mengalahkan Italia pada Piala Dunia 2002 melalui perpanjangan waktu merupakan puncak karier sepak bolanya.

"Saya telah mengalami banyak budaya sepak bola di berbagai negara dan itu merupakan pengalaman yang sangat menguntungkan dalam hidup saya," ujar Ahn Jung Hwan.

"Saya bermain di Piala Dunia sebanyak tiga kali dan menikmati semuanya sebagai pemain sepak bola."

Pemain yang dijuluki The Lord of Ring itu mengaku dirinya dalam kondisi fisik yang baik dan sempat dikaitkan dengan klub K-League, Seongnam Ilhwa. Tapi, ia mengatakan ingin memprioritaskan keluarganya setelah sekian tahun berkarier sepak bola.

"Selama 14 tahun keluarga telah banyak berkorban untuk saya. Untuk saat ini, saya ingin menghabiskan waktu lebih banyak bersama keluarga dan menjadi seorang ayah," ucapnya.

"Saya telah berjuang keras dan merasa mampu untuk terus bermain. Tapi di sisi lain, saya merasakan tekanan bahwa saya masih menjadi harapan banyak orang. Saya ingin kembali ke K-League dan ini menjadi pilihan yang sangat sulit," tutup Ahn.