Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Pep Akui Barca Beruntung

By Arnoldi - Kamis, 2 Februari 2012 | 15:47 WIB
Pep Guardiola (Getty Images)

1 di Stadion Mestalla saat menghadapi Valencia di leg pertama semifinal Copa del Rey, Kamis (2/2) dini hari WIB. Menanggapi hasil yang diraih timnya, Pep Guardiola mengaku timnya sangat beruntung karena Barca mungkin saja kalah lantaran Jose Manuel Pinto seharusnya mendapat kartu merah di pertandingan tersebut.

Menurut Pep, Pinto telah melakukan dua kesalahan fatal yang seharusnya membuat ia terkena dua kartu kuning. Pertama, ia menangkap bola di luar kotak penalti ketika pertandingan baru berjala 18 menit, yang untungnya tidak dihadiahi wasit kartu. Kedua, dia membuang-buang waktu ketika hendak menendang bola sehigga mendapat kartu kuning dari wasit.

"Saya diberitahu kalau dia (Pinto) telah menangkap bola di luar kotak penalti. Jika dia dikeluarkan dan kami bermain dengan hanya 10 orang pemain, mungkin hasil pertandingan ini akan berbeda," kata Guardiola, seperti yang dilansir ESPN Star.

Di sisi lain, Pep mengaku timnya lebih baik mendapat hasil imbang ketimbang menang di pertandingan penuh kontroversi tersebut. Dengan hasil imbang, Barca akan dipaksa tampil sebaik mungkin di Camp Nou. Dalam hal ini, Barca harus menang di leg kedua agar mereka bisa memastikan diri lolos ke partai puncak.

"Lebih baik kami pulang ke Camp Nou dengan hasil ini karena akan memaksa kami untuk memenangi pertandingan. Ketika Anda memimpin 2-1 seperti saat melawan Real Madrid, maka Anda akan merasa sudah memenangi partai tersebut. Kami kini bergantung pada dukungan para fan untuk bisa mencapai final. Apa yang bisa kami lakukan hanyalah bermain sebaik mungkin sehingga bisa melangkah lebih jauh," tutup Guardiola.

Leg kedua semifinal Copa del Rey sendiri akan dilaksanakan pada delapan Februari nanti di Camp Nou. Laga itu hanya akan berselang tiga hari dengan pertandingan melawan Osasuna di La Liga dan berselang enam hari dengan pertandingan melawan Bayer Leverkusen di babak 16 besar Liga Champion.