Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Mourinho Cocok Melatih Barcelona

By Eky Rieuwpassa - Kamis, 2 Februari 2012 | 19:36 WIB
Jose Mourinho (Getty Images)

Jika Pep Guardiola meninggalkan kursi kepelatihan Barcelona, siapakah sosok pelatih yang pantas untuk menangani Barca? Kalau pertanyaan itu diajukan kepada Vitor Baia, maka mantan kiper Blaugrana itu akan menyebut nama Jose Mourinho.

"Menurut opini saya, Jose Mourinho merupakan pelatih terbaik di dunia dan ia merupakan seseorang yang sangat spesial. Ia merupakan pilihan tepat untuk melatih Barcelona," kata Baia kepada Esports COPE, Kamis (2/2).

Mourinho bukanlah sosok yang asing bagi kubu Camp Nou. Sejak periode 1996 hingga 2000, ia telah menjadi asisten pelatih ketika Barca ditangani Bobby Robson dan Louis van Gaal. Kedekatan sejarah itu membuat Baia sangat yakin Mourinho bisa melakukan sama baiknya dengan apa yang telah  dilakukan Guardiola.

"Mourinho bisa menjadi pelatih yang bagus bagi Barcelona. Ia mempunyai kemampuan untuk beradaptasi dengan berbagai budaya," ucap Baia.

Lebih lanjut, pria berusia 42 tahun itu melihat ada perbedaan yang dialami Mourinho ketika menangani Porto, Chelsea, dan Inter Milan. Kini, ia juga memasuki budaya yang berbeda di Real Madird. Baia melihat Mourinho bisa pula cepat menyesuaikan diri dengan situasi di Barcelona.

Belakangan ini berhembus rumor Mourinho akan meninggalkan Madrid pada akhir musim 2011/12. Akibat sering mengeluarkan ucapan kontroversial, membuat Mourinho tidak disukai oleh Presiden Madrid, Florentino Perez.