Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Mark Cuban Kritik Kinerja Wasit

By Ade Jayadireja - Jumat, 3 Februari 2012 | 11:39 WIB
Mark Cuban (Getty Images)

Pemilik Dallas Mavericks, Mark Cuban, melontarkan kritik pada wasit Ron Garretson yang memimpin pertandingan antara timnya dan Oklahoma City Thunder, Kamis (2/2) siang WIB. Ia merasa kinerja Garretson dalam laga tersebut sangatlah buruk.

Kekecewaan Cuban dipicu oleh insiden yang terjadi di kuarter keempat. Kala itu, Rick Carlisle selaku pelatih Mavericks, diusir oleh Garretson lantaran menendang bola ke arah penonton yang memadati American Airlines Center. Sebelumnya, sang pelatih sudah terlebih dahulu mendapat dua technical foul karena melancarkan protes keras.

Cuban beranggapan bahwa aksi yang dipertontonkan Carlisle adalah wajar. Menurutnya, tindakan seperti itu hanyalah bagian dari sebuah pertandingan.

"Saya pikir dia (Carlisle) hanya mencoba untuk menendang bola ke arah wasit, tapi meleset," kata lelaki berusia 53 tahun itu pada ESPN. "Saya sudah lama tidak berkomentar banyak tentang wasit, tapi saya merasa kepemimpinan kali ini sangatlah buruk."

"Para wasit harus belajar dan mengerti bahwa itu (menendang bola ke penonton) merupakan bagian dari permainan, tapi wasit di pertandingan hari ini sudah menjadi bagian dari liga selama bertahun-tahun, dan itu menimbulkan grafik buruk," tukasnya.

Pertandingan yang berlangsung di kandang Mavericks itu akhirnya dimenangi Thunder dengan skor 95-86. Dalam konferensi pers yang dilakukan setelah laga, Carlisle meminta maaf atas tindakannya.