Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kalah di Mandala Krida, Persija Tak Terlalu Kecewa

By Benediktus Gerendo Pradigdo - Jumat, 3 Februari 2012 | 21:56 WIB
Iwan Setiawan, Lebih fokus pada perbaikan tim (Nurdiansah/Bolanews)

2. Akan tetapi, itu tak terlalu membuat mereka kecewa.

Gol pertama Persiwa dicetak Yesaya Desnam di awal babak kedua. Namun, Persija berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui eksekusi penalti Bambang Pamungkas pada menit ke-75, sesaat setelah pertandingan yang sempat terhenti dilanjutkan kembali.

Namun, Persiwa akhirnya memastikan tiga poin maksimal melalui satu gol tambahan yang diciptakan Sang Kapten, Boakay Eddy Foaday. Kedudukan 2-1 untuk Persiwa akhirnya bertahan hingga wasit meniupkan peluit panjang.

Kendati timnya kalah, Pelatih Persija Jakarta, Iwan Setiawan, merasa kedua tim yang tampil di Mandala Krida sore ini bermain dengan sangat baik. "Kedua tim luar biasa bagus bermainnya. Tadi dua gol Persiwa berawal dari dua bola mati, set-piece dan corner kick. Secara keseluruhan, pertandingan bagus," ujar Iwan Setiawan.

Sementara itu Kapten Persija, Bambang Pamungkas, tak mempermasalahkan kekalahan hari ini. Dengan sisa musim yang masih panjang, Bepe yakin timnya akan bisa bangkit.

"Ini masih awal dari perjalanan panjang dan saya senang teman-teman bermain bagus. Setiap pemain pasti ingin menang dan pastinya kita akan menemukan kepercayaan diri kita lagi untuk pertandingan selanjutnya," ujar pemain bernomor punggung 20 itu.

Mengenai sempat terhentinya pertandingan karena peristiwa pengejaran suporter Persiwa terhadap wasit karena keputusannya memberikan hadiah penalti bagi Persija pada menit ke-75, baik Iwan Setiawan maupun Bepe tak ingin berkomentar.

"Saya tidak mau berkomentar tentang insiden tadi. Saya lebih ingin fokus untuk memperbaiki finishing touch pemain," ujar Iwan Setiawan. "Saya tak akan mengomentari hal non teknis di luar permainan di lapangan," kata Bepe senada pelatihnya.

Sementara itu, Pelatih Persiwa, Gomes De Oliveira, merasa timnya beruntung bisa menang. Menurutnya Persija bermain bagus, hanya saja dengan motivasi tinggi yang diperlihatkan para pemainnya, Macan Kemayoran tak punya kesempatan membuka ruang kosong.

"Persija main bagus. Ini hari keberuntungan kita bisa menang. Semangat pemain sangat bagus dan tidak memberi ruang untuk pemain Persija," ujar Oliveira.