Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ferrari Luncurkan F2012 Tanpa Perayaan Khusus

By Wisnu Nova Wistowo - Sabtu, 4 Februari 2012 | 00:23 WIB
Ferrari F2012 (Getty Images)

Tidak ada perayaan khusus saat Ferrari meluncurkan mobil baru yang akan digunakan di balapan Formula 1 tahun ini dengan nama F2012. Tim ini berharap mobil tersebut dapat menandingi kecepatan Red Bull yang begitu mendominasi dua musim terakhir.

Serangkaian seremoni khusus sesungguhnya sudah disusun dalam peluncuran mobil baru yang diperuntukkan bagi Fernando Alonso dan Felipe Massa itu. Akan tetapi, serangan badai salju di sejumlah kawasan Italia termasuk tempat yang akan digunakan untuk peluncuran itu, di Maranello membuyarkan semua rencana.

Karena kondisi lintasan yang tidak memungkinkan karena tertutup salju, Jumat (3/2), Ferrari memutuskan untuk memperkenalkan mobil barunya lewat tayangan video. Dari gambar yang dirilis Ferrari perubahan signifikan di F2012 dari mobil sebelumnya terletak di bagian depan. Dari segi warna tidak ada banyak perubahan karena masih didominasi merah yang dipadukan dengan putih.

Seperti yang dikatakan Autosport, "Bagian hidung lebih rendah untuk menyesuaikan dengan regulasi, mirip seperti yang dimiliki Caterham CT01. Bentuk tersebut dimaksudkan guna sasis bagian bawah mendapatkan aerodinamika lebih baik."

F2012 untuk pertama kalinya akan melaju di lintasan dalam sebuah tes di Jerez pekan depan.