Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ferdinand Enggan Jadi Kapten Timnas

By Ade Jayadireja - Sabtu, 4 Februari 2012 | 10:55 WIB
John Terry dan Rio Ferdinand (Getty Images)

Tim nasional Inggris akan memiliki pemimpin anyar menyusul lengsernya John Terry sebagai kapten lantaran tersandung kasus rasis. Rio Ferdinand, yang masuk sebagai salah satu kandindat, justru enggan menyandang tugas tersebut.


Pada Jumat (3/2), FA selaku otoritas tertinggi sepak bola Inggris, telah mencabut ban kapten timnas dari tangan Terry. Ini merupakan buntut dari kalimat rasis yang dilontarkan bek Chelsea itu pada pemain Queens Park Ranger (QPR), Anton Ferdinand, dalam pertandingan lanjutan Premier League pada Oktober 2011.

Pelatih Three Lions, Fabio Capello, dikabarkan telah mengantongi sejumlah nama untuk menggantikan Terry. Dari empat nama yang ada, Ferdinand menjadi satu-satunya pemain yang menolak untuk dijadikan kapten.

"Saya tidak ingin menjadi kapten Inggris setelah melalui beberapa episode. Saya hanya ingin berkonsentrasi pada Manchester United, dan sangat menyenangkan jika bisa masuk skuad utama," tulis bek tangguh itu di akun Twitter-nya (@rioferdy5), seperti dikutip Daily Mail.

Steven Gerrard menjadi kandidat lainnya untuk menyandang ban kapten. Ia juga pernah menempati posisi serupa saat melakoni Piala Dunia 2010. Akan tetapi, jika melihat kondisinya yang kurang stabil akhir-akhir ini, sangat kecil kemungkinan Capello untuk memilih gelandang Liverpool itu untuk memimpin Wayne Rooney dkk. di Euro 2012.

Sumber serupa juga menyebutkan bahwa rekan setim Terry di Chelsea, Frank Lampard, menjadi opsi alternatif jika Ferdinand dan Gerrard benar-benar tak bisa memimpin timnas. Di samping itu ada pula kandidat lainnya seperti Gareth Barry (Manchester City) dan Scott Parker (Tottenham Hotspur).