Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Djokovic Dianugerahi Laureus Sports Awards

By Eky Rieuwpassa - Selasa, 7 Februari 2012 | 13:15 WIB
Novak Djokovic (Getty Images)

Penampilan gemilang Novak Djokovic selama tahun lalu serta mampu menjuarai turnamen Australia Terbuka mengantarnya meraih pernghargaan Laureus Sports Awards. Gelar itu hanya berselang dua pekan setelah ia menjuarai grand slam awal tahun itu.

Sukses menjadi petenis terbaik di Australia Terbuka menjadikan Djokovic sebagai petenis kelima yang mampu menjuarai turnamen itu dua kali secara beruntun di era terbuka. Berkaca dari prestasi itu mebuat Djokovic akhirnya dinobatkan sebagai Sportsman of the year.

Tidak hanya Djokovic yang meraih tropi bergengsi itu, klub sepak bola Barcelona juga dianugerahi penghargaan best team of the year. Sepanjang tahun 2011, pasukan arahan pelatih Pep Guardiola itu mampu menjuarai La Liga Spanyol dan Liga Champion.

Pelari putri Kenya, Vivian Cheruiyot, yang menjadi juara pada nomor 5.000 dan 10.000 meter pada kejuaraan Atletik dunia menyabet gelar Sportswomen Award. Pegolf Darren Clarke, yang menjadi juara di turnamen Royal St. George’s menerima tropi comeback of the year dan pegolf Rory McIlroy memenangi  breakthrough of the year award. McIlory menjadi pegolf termuda kedua yang menjuarai turnamen Amerika Serikat Terbuka ketika ia berusia 22 tahun.

Sementara legenda hidup sepak bola Inggris dan Manchester United, Sir Bobby Charlton menerima lifetime achievement award.