Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Nowitzki Merasa Tak Layak Masuk All-Star

By Ade Jayadireja - Rabu, 8 Februari 2012 | 12:04 WIB
Dirk Nowitzki (Getty Images)

Star Game merupakan kebanggaan dan impian bagi setiap pemain NBA. Akan tetapi, tak demikian dengan Dirk Nowitzki, forward andalan Dallas Mavericks. Ia justru merasa tak pantas ambil bagian dalam event akbar tersebut.

NBA telah mengumumkan pemain-pemain yang akan mengikuti All-Star 2012 pada 23 Februari mendatang. Dari 10 forward yang ada di wilayah Barat, Nowitzki tidak terpilih menjadi starter. Adalah Kevin Durant (Oklahoma City Thunder) dan Blake Griffin (LA Clippers) yang mendapat voting tertinggi dari para fan dan berhak bermain sejak menit pertama.

Penampilan Nowitzki di musim 2011/12 memang kurang memuaskan dibanding musim sebelumnya. Dengan meraih rata-rata 17.2 poin per gim, ia baru mempersembahkan 14 kemenangan untuk Mavericks. Nama besarnya pun mulai tenggelam seiring munculnya forward muda berbakat seperti Griffin dan Kevin Love. Hal-hal itulah yang membuat si pemain merasa tak layak berada di All-Star.

"Meskipun meraih rata-rata 15. 16 poin, saya tidak berpikir Anda harus menjadi All-Star. Akan tetapi saya hanya harus menunggu dan melihat," ucap Nowitzki pada Dallas Morning News.

"Saya pikir ada banyak bakat muda di liga ini yang pantas masuk All-Star. LaMarcus Aldridge telah berusaha beberapa tahun terakhir. Dia pemain muda yang hebat, menyenangkan untuk ditonton. Anda tahu Griffin dan Love adalah pemain bagus, jadi ada banyak bakat di posisi saya," tukasnya.

Sejak membela Mavericks pada 1998, Nowitzki telah menjalani 10 kali All-Star (2002-2011). Bahkan di tahun 2006 ia keluar sebagai juara Three Point Contest dalam NBA All-Star Weekend. Di luar itu, prestasi lain yang diraih pebasket asal Jerman tersebut adalah MVP musim reguler (2007) dan MVP final (2011).