Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Roy Keane: Tutup Mulutmu Rooney!

By Andi Yanianto - Kamis, 9 Februari 2012 | 21:29 WIB
Roy Keane (Ian Kington/Getty Images)

Mantan kapten temperamental Manchester United, Roy Keane, mengeluarkan komentar yang cukup keras terhadap Wayne Rooney. Keane menyuruh Rooney agar tidak banyak bicara terkait dengan mundurnya Capello dari jabatan pelatih tim nasional Inggris

Keane rupanya cukup kesal ketika melihat Rooney berkomentar soal mundurnya Capello di twitter. Rooney menyatakan kecewa dengan Capello dan menyarankan agar Harry Redknapp yang dipilih untuk menjadi pelatih selanjutnya. Menanggapi hal itu, Keane memerintahkan mantan rekan setimnya tersebut untuk tidak banyak bicara.

"Wayne harus menjaga sikapnya. Dia tidak dapat berbuat banyak bagi tim nasional ketika diasuh oleh Capello," ketus Keane yang mencetak 33 gol dari 326 pertandingan bersama United.

Lebih lanjut, Keane menyatakan kekagumannya dengan sikap Capello yang dianggapnya memiliki pendirian keras dengan membela John Terry.

"Capello adalah seseorang yang mempunyai karakter yang kuat. Dia jelas mempertanyakan otoritasnya ketika FA mencabut ban kapten dari John Terry," tegas Keane.

"Anda harus mengaguminya. Dia berjuang untuk membela anak buahnya. Seharusnya FA meminta maaf kepada Capello karena mereka dengan jelas melangkahinya," lanjut pria asal Irlandia yang merumput di Old Trafford dari tahun 1993 hingga 2005 tersebut.

Keane mengungkapkan kejadian ini merupakan bencana bagi FA maupun Capello. Mantan pelatih Sunderland tersebut menyebutkan bahwa Terry jelas harus mengikuti sidang pengadilan pada bulan Juli 2012 terkait dugaan isu rasisme, tapi tidak berarti FA berhak mencabut ban kapten darinya.

"Ini mimpi buruk bagi semua orang, terutama FA dan Capello. Terry harus menghadap pengadilan pada bulan Juli, dan FA berpikir melepas Terry dari jabatan kapten tim adalah keputusan yang tepat. Akan tetapi, Capello jelas menyangsikan otoritasnya."