Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Putra DKI Tantang Jatim di Partai Final

By Andi Yanianto - Kamis, 9 Februari 2012 | 22:09 WIB
Kejurnas Bola Basket KU-14 (Yan Daulaka)

14 di GOR Merpati, Denpasar, Kamis (9/2) akan mempertemukan DKI Jakarta kontra Jawa Timur. Di semifinal DKI mengalahkan tuan rumah Bali dengan skor 73-40. Sedangkan Jatim unggul atas Jawa Barat, 84-68.

Pertandingan antara DKI melawan Jatim di Kejurnas ini bahkan berlangsung seru, lantaran kedua tim akan bermain dengan tempo cepat saling serang. Pelatih DKI, Supriyadi mengaku sudah mengantongi titik kelemahan seterunya ini. Bahkan, kedua pemain kuncinya, yaitu kapten Aditya dan Liga bertekad akan mengeluarkan seluruh kemampuan terbaik untuk bisa meredam permainan taktis anak-anak kota Pahlawan yang dihuni rata-rata pemain CLS Junior.

"Dalam beberapa pertandingan sejak hari pertama, kami sudah melihat kelebihan dan kelemahan Jatim. Mudahan saja di final, anak-anak bisa bermain sesuai arahan," ujar Supriyadi didampingi assisten manajer Elling. "Laga final menjadi impian saya, apalagi bertemu Jatim. Ini saatnya saya memberikan penampilan terbaik untuk bisa membawa pulang gelar ke Jakarta," ucap Aditya, pemain andalan DKI yang berposisi center forward diamini rekannya Liga.

Sementara kekalahan Bali dari DKI di semifinal kemarin lebih dikarenakan pemainnya yang terlalu banyak melakukan foul yang membuat permainan jadi kurang kompetitif. Kekalahan tersebut juga sekaligus menjadi kekalahan kedua bagi Bali setelah sebelumnya di babak penyisihan Grup B dipecundangi Jatim dengan skor 41-74. Tim putra Jatim pun langsung diunggulkan menjadi kampiun selain DKI karena tak terkalahkan hingga menembus babak final.

Dalam pertandingan yang cukup menegangkan tersebut, tiga pemain Bali terpaksa keluar lapangan lantaran akumulasi foul. Mereka adalah Wira, Gus De, dan sang kapten Krisna. "Memang pemain kami sangat agresif hari ini, dan banyak foul yang tidak perlu. Mungkin karena tegang main di babak semi final. Tapi anak-anak sudah main lebih kompetitif dibandingkan saat melawan Jatim," tukas Rahmad.

"Kami bersyukur punya lebih banyak cadangan di bangku pemain. Sedangkan Bali tidak banyak pilihan karena tiga pemainnya ke luar lapangan," ungkap Supri, pelatih DKI usai pertandingan.

***

Hasil pertandingan:
Putra:
Kalbar - DIY : 35-45
DKI - Bali : 73 - 40
Jatim - Jabar : 84 - 68
Jateng - Banten : 73 - 35

Veteran:
Kalbar - Jatim : 59 - 85
Jabar - Jateng : 52 - 58