Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tim Indonesia Antisipasi Cuaca Dingin di Makau

By Lilianto Apriadi - Jumat, 10 Februari 2012 | 05:29 WIB
PB PBSI (istimewa)

19 Februari, harus bermain dengan cuaca dingin.

Agar suhu udara yang mencapai 13 derajat celcius tidak mempengaruhi permainan putra-putri Merah Putih di lapangan, sejumlah antisipasi telah dipersiapkan tim. Datang lebih awal agar memiliki waktu cukup untuk beradaptasi hingga serangkaian keperluan asupan atlet sudah menjadi perhatian khusus.

"Kami sudah menyiapkan semua yang dibutuhkan atlet untuk menjaga kondisi tubuh, seperti vitamin, suplemen, dan obat-obatan. Dengan cuaca dingin seperti ini, biasanya keluhan yang kerap muncul adalah flu, karena itu daya tahan tubuh mereka harus selalu dijaga," kata dr. Wahyuni Ristiyana Homan, salah satu dokter yang menangani tim Piala Thomas dan Uber Indonesia.

"Selain diberi asupan vitamin, suplemen dan sebagainya, adaptasi yang cukup dan pengaturan pola makan juga penting. Dengan asupan gizi sesuai aturan dan komposisi nutrisi tepat, kondisi atlet akan tetap terpelihara sehingga daya tahan tubuh mereka lebih kuat. Apalagi saat bertanding di suatu turnamen atlet butuh energi dan konsentrasi lebih dibandingkan saat latihan biasa."