Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

FA Utamakan Produk Lokal

By Arnoldi - Jumat, 10 Februari 2012 | 11:23 WIB
Harry Redknapp (Getty Images)

Sepeninggal Fabio Capello, Federasi Sepak Bola Inggris (FA) sibuk mencari pelatih baru untuk Wayne Rooney cs. Beberapa nama bermunculan di media massa Inggris. Namun, chairman FA, David Bernstein, meyakinkan kalau produk lokal akan diutamakan untuk menjadi pelatih baru The Three Lions.

Menurut Bernstein, FA tak akan menjadikan status kewarganegaraan sebagai patokan untuk menentukan siapa yang akan menjadi pelatih The Three Lions berikutnya. Akan tetapi, jika ada pelatih asal Inggris memenuhi kriteria, maka pelatih itulah yang akan diprioritaskan.

"Tidak harus Inggris. Tapi akan lebih baik pelatih baru timnas bersal dari Inggris atau Inggris Raya. Walau demikian, kami tidak menutup pintu bagi kendidat lain. Setiap pelatih yang kami pertimbangkan harus memiliki pengetahuan yang bagus mengenai pemain-pemain asal Inggris. Dialah yang nanti akan menentukan semuanya," kata Bernstein di Goal.

Dari rumor yang beredar di media massa Inggris, Harry Redknapp adalah kandidat favorit untuk menggantikan Capello. Pelatih Tottenham Hotspur itu tak hanya salah satu pelatih asal Inggris yang mempunyai prestasi cukup baik, tapi juga disukai khalayak Negeri Ratu Elizabeth.

"Kami tidak akan menunjuk seseorang pelatih hanya karena ia disukai publik atau untuk menyenangkan fan. Kami akan melakukan semuanya secara profesional. Kami akan tetap membuat daftar kandidat yang pantas. Namun, dukungan khalayak ramai juga krusial," simpul Bernstein mengenai posisi Redknapp dalam daftar kandidat pelatih baru timnas Inggris.