Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Pelatih Hyundai Nilai Timnas U-21 Kurang Maksimal

By Benediktus Gerendo Pradigdo - Jumat, 10 Februari 2012 | 23:08 WIB
Pelatih Hyundai Mipo Dockyard, Cho Min Kook (kanan). (istimewa)

21 tampil kurang maksimal saat menghadapi anak asuhnya di laga uji coba yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan Jakarta, Jumat (10/2). Menurutnya, ada keunggulan dari timnas U-21 yang seharusnya bisa dimaksimalkan.

Hyundai Mipo Dockyard berhasil meraih kemenangan 2-0 atas timnas U-21 melalui gol yang diciptakan Kapten tim, Lee Jin Woo, pada menit ke-67, dan eksekusi penalti yang dilakukan Lee Jae Min pada menit akhir pertandingan.

Mengomentari penampilan lawan uji coba timnya, pelatih Cho Min Kook yang mengaku pernah melihat langsung penampilan timnas Indonesia di kualifikasi Piala Dunia 1986, mengaku keunggulan yang dimiliki Indonesia tak terlihat dalam pertandingan ini.

"Sebelum pertandingan hari ini, saya sangat menantikan hari ini. Namun, sangat disayangkan, Timnas U-21 sepertinya kehilangan keunggulan yang dimiliki oleh Indonesia," ujar pelatih Cho.

Pelatih Hyundai itu juga mengomentari permainan Andik Vermansyah yang terlihat cukup menonjol dari rekan-rekan setimnya. Namun, Cho merasa pemain Persebaya Surabaya itu tak berhasil memaksimalkan keunggulan yang dimilikinya, seperti, tubuh mungil dengan kaki yang kuat dan kecepatan yang luar biasa.

"Pemain bernomor punggung 10 itu bagus. Dia memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan pemain lain. Tapi, seharusnya ia bisa mengeluarkan keunggulannya dan memanfaatkan kaki yang kekar dan tubuh yang kecil. Seharusnya Indonesia memainkan bola bawah dibandingkan bola-bola atas," ujar Cho.

Kendati demikian, Cho juga merasa para pemain timnas U-21 memiliki potensi yang luar biasa di masa yang akan datang. Ia pun siap jika ada tawaran untuk timnya kembali melakukan uji coba.

"Tim U-21 ini memiliki banyak pemain yang sangat berpotensi. Mereka akan menjadi pemain yang hebat di masa yang akan datang. Kami siap bertanding lagi jika memang diundang untuk melakukan uji coba kembali," ujar pelatih Hyundai Mipo Dockyard itu.