Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Nadal Terkejut Harus Ikut Tes Doping Dadakan

By Andi Yanianto - Minggu, 12 Februari 2012 | 21:47 WIB
Rafael Nadal (Getty Images)

Maraknya kasus penggunaan doping dalam dunia olah raga membuat sejumlah negara harus melakukan tes doping kepada atlet mereka. Spanyol kini gencar melakukan pemeriksaan doping terhadap atlet mereka.

Salah satu atlet Spanyol yang harus menjalani pemeriksaan itu yakni Rafael Nadal. Petenis berperingkat dua dunia itu mendadak harus menjalani pemeriksaan yang dilakukan pemerintah Spanyol pada akhir pekan lalu.

Kejadian mengejutkan itu langsung dibeberkan Nadal dalam akun Twitter pribadinya. Meski terkejut, tapi Nadal dengan senang hati mengikuti tes tersebut.

"8.30 di pagi hari, saya baru selesai mengikuti pemeriksaan anti doping dadakan.. saya menjalani semuanya.. tapi saya senang untuk melakukannya," tulis Nadal dalam akun Twitter-nya seperti dirilis VCStar, Minggu (12/2).
 
Tes doping ini dilakukan tanpa pemberitahuan setelah pebalap sepeda Spanyol, Alberto Contador terbukti menggunakan doping pada Tour de France 2010. Imbasnya, Contador harus kehilangan gelar juara 2010 serta dihukum dua tahun tidak boleh ikut balapan.

Pemeriksaan doping dadakan ini diharapkan bisa mengurangi penggunaan doping atau obat terlarang di kalangan atlet Spanyol.