Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Indonesia Menang 5-0 atas Singapura

By Eky Rieuwpassa - Selasa, 14 Februari 2012 | 20:56 WIB
Taufik Hidayat (Erly Bahtiar/Bolanews)

0.

Kemenangan ini merupakan hasil sempurna kedua yang diraih Indonesia dalam dua pertandingan. Sehari sebelumnya, tim Merah-Putih juga meraih kemenangan dengan skor 5-0 atas tuan rumah Makau.

Susunan pemain yang diturunkan Indonesia pada pertandingan melawan Singapura berbeda dengan skuad yang tampil saat melawan Makau. Jika saat bertemu Makau, tunggal terakhir Indonesia ditempati Dionysius Hayom Rumbaka, kini posisi Hayom digantikan Tommy Sugiarto. Sementara ganda kedua yang sebelumnya diisi Alvent Yulianto Chandra/Hendra Aprida Gunawan, saat melawan Singapura posisi mereka dipercayakan kepada Markis Kido/Hendra Setiawan.

Meski sedikit mengalami perubahan pemain, tapi kekuatan Indonesia tidak berkurang sedikitpun. Simon Santoso yang tampil sebagai tunggal pertama membuka poin pertama bagi Indonesia setelah mengalahkan Wong Liang Derek, 21-9 21-12.

Poin Indonesia bertambah setelah ganda Bona Septano/Mohammad Ahsan dengan unggul 21-14 21-16 atas Yeo Zhao Jiang Terry Yeo/Yi Liu, kemudian keberhasilan Taufik Hidayat menumbangkan Chen Yong Zhao Ashton, 21-16 21-12.

Ganda kedua, Markis Kido/Hendra Setiawan membuat keunggulan Indonesia menjadi 4-0 setelah menghentikan perlawanan  Jonatahn Tang Yew Loong/Jeffrey Wong, 21-14 21-14. Kemenangan Indonesia akhirnya disempurnakan oleh tunggal terakhir Tommy Sugiarto yang mengalahkan Huang Chao dengan skor 21-14 21-8.

Bermodalkan dua kemenangan dalam dua pertandingan membuat Indonesia bersaing dengan India di puncak klasemen sementara Grup B. Kedua tim akan memperebutkan puncak klasemen akhir dalam pertandingan ketiga pada Rabu, 15 Februari.