Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Braga dan Rubin Kalah di Kandang

By Husein Noval - Rabu, 15 Februari 2012 | 02:38 WIB
Tomas Sivok Usai Membobol Gawang Braga. (UEFA)

2 dari wakil Turki, Besiktas dalam partai leg pertama babak 32 besar Liga Europa di Stadion AXA, Rabu (15/2) dini hari WIB. Di tempat lain, tuan rumah, Rubin Kazan juga takluk dari tamunya, Olympiakos Piraeus 0-1.

Braga merana. Runner-up musim lalu itu dipaksa bertekuk lutu oleh Besiktas di depan publiknya.

Kekalahan ini menjadi 'wajar' karena Braga cuma tampil dengan 10 pemain sejak menit ke-30 menyusul kartu merah untuk Helder Barbosa. Keluarnya Barbosa merubah segalanya, praktis Besiktas mampu menguasai permainan sejak Brga bermain timpang.

Gol pembuka Besiktas dibuat oleh Tomas Sivok tujuh menit usai diusirnya Barbosa. Kemenangan 2-0 tim tamu dipastikan oleh gol Simao di menit ke-58.

Meski masih ada leg kedua, namun peluang Braga sangat berat. Wakil Portugal itu butuh kemenangan dengan selisih lebih dari dua gol untuk lolos ke 16 besar. Itu dipastikan tidak mudah karena Besiktas dikenal garang saat laga kandang.

****

Beberapa jam sebelumnya Liga Europa juga menggelar laga antara Rubin kontra Olympiacos.

Meski tampil di kandang lawan, namun wakil Yunani itu berhasil menyudahi pertandingan dengan kemenangan berkat gol tunggal David Fuster di menit ke-71.

Olympiacos sebenarnya semat bermain dengan 10 pemain ketika Balazs Megyeri diganjar kartu merah dua ment usai gol Fuster, namun meski kekurangan pemain Olympiacos tetap mampu mempertahankan kemenangan 1-0 hingga peluit panjang dibunyikan.

Kemenangan ini membuka peluang Olympiakos untuk lolos ke 16 besar, karena di leg kedua nanti mereka akan balik menjamu Rubin di hadapan pendukung fanatiknya.