Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Iwan Setiawan Waspadai Kualitas Permainan Persela

By Frengky Aruan - Rabu, 15 Februari 2012 | 11:06 WIB
Iwan Setiawan (IAN/ BOLA)

Persela Lamongan akan melanjutkan kiprahnya di Indonesia Super League (ISL) musim 2011/12 dengan melakoni partai kandang, Rabu (15/2). Namun, berbeda dibanding sebelumnya, Laskar Joko Tingkir akan menjamu sang lawan, Persija Jakarta di Stadion Wilis di kota Madiun.

Alasannya, Stadion Surajaya yang selama ini menjadi home base dari Persela kini dalam tahap renovasi. Rencananya proses perbaikan, mulai dari lapangan hingga fasilitas, baru akan selesai hingga satu bulan ke depan. Situasi itupula yang membuat Persela terpaksa memindahkan partai kandangnya, tak terkecuali saat bersua dengan Persija Jakarta.

Pemindahan partai kandang itu jelas merupakan sebuah kerugian bagi Persela. Tak dapat dimungkiri justru menjadi keuntungan bagi Macan Kemayoran. Bagaimana tidak? Selain bermain di tempat netral, Persija tentu sudah tahu betul rasanya bermain di luar kandang sendiri. Situasi itulah yang membuat mental anak-anak Jakarta sudah tebal saat melakoni laga di luar kandang sendiri.

Kendati begitu, Iwan Setiawan tak ingin berbesar hati. Meski sudah tahu mental bertandingan anak asuhnya di luar kandang, ia tetap mewaspadai kekuatan Persela. "Saat ini, Persela bukan tim yang bisa dipandang sebelah mata. Ketika menyaksikan di televisi, mereka bermain sangat bagus dan permainan mereka enak untuk dilihat. Kerja sama tim dan alur serangannya sangat bagus. Hal itu membuktikan kalau mereka sangat berkualitas," kata Iwan.

Satu pemain pun coba diwaspadai. Ia adalah Gustavo Lopez, pemain yang dinilai merupakan roh dalam tim Persela. Mantan bek Persela yang kini memperkuat Persija, Fabiano Beltrame bahkan mengakui kehebatan Lopez. "Dia pemain yang harus terus dikawal. Jangan memberikan celah sedikitpun kepadanya," jelas Fabiano.

Prakiraan Pemain

Persija: 26-Andritany (GK); 23-Leo, 15-Fabiano, 2-Precious, 14-Ismed; 18-Oktavianus, 13-Hasim Kipuw, 10-Robertino, 7-Ramdani; 20-Bambang, 25-Pedro

Cadangan: 1-Galih Sudaryono (GK), 28-AA Ngurah Wahyu Trisnajaya, 21-Amarzukih, 17-Delton Stevano, 19-Johan Juansyah, 9-Rudi Setiawan, 27-Rahmat Afandi

/Sahlul Fahmi