Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kalah 0-4, Mental Bertanding Timnas U-21 Lemah

By Benediktus Gerendo Pradigdo - Rabu, 15 Februari 2012 | 23:50 WIB
Pelatih timnas U-21, Widodo C. Putro. (Arief Bagus/Bolanews)

21 harus menelan kekalahan telak 0-4 dalam uji coba menghadapi Persiba Bantul di Stadion Sultan Agung, Bantul, Rabu (15/2) malam. Sang pelatih, Widodo C. Putro, mengaku mental bertanding menjadi masalah utama dalam kekalahan kedua ini.

Setelah kalah 0-2 dari tim semiprofesional asal Korea Selatan, Hyundai Mipo Dockyard FC, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan Jakarta, Jumat (10/2), timnas U-21 kembali mengalami kekalahan. Kali ini pasukan Widdodo C. Putro itu takluk empat gol tanpa balas dari klub Indonesia Premier League (IPL), Persiba Bantul.

Dalam laga ini, Widodo menemukan satu lagi hal yang harus dievaluasi dalam persiapan timnas U-21 jelang keberangkatan mereka mengikuti turnamen Hassanal Bolkiah Trophy di Brunei Darussalam, 25 Februari mendatang. Menurutnya, mental bertanding para pemainnya masih lemah terutama setelah gol cepat yang dilakukan Persiba melalui titik putih saat pertandingan baru berjalan empat menit.

"Gol cepat Persiba pada menit keempat merusak ritme permainan kami selanjutnya. Kami menutup babak pertama dengan tertinggal dua gol. Permainan kami membaik di babak kedua, para pemain juga mulai berani menekan. Tapi, harus diakui kualitas Persiba memang jauh di atas kami sehingga kami kalah 0-4," ujar Widodo ketika dihubungi via telepon, Rabu (15/2) malam.

"Ada pembelajaran baru dari pertandingan ini, khususnya bagi saya sebagai pelatih. Selain masalah teknis seperti penguasaan bola, transisi dari kondisi menyerang ke bertahan dan sebaliknya, serta penyelesaian akhir yang selama ini menjadi bahan evaluasi, timnas U-21 juga masih lemah dalam poin mental bertanding. Kami kalah bukan karena teknis pertandingan, tetapi mental bertanding yang rendah," lanjut pelatih timnas U-21 itu.

Dalam tujuh kali uji coba yang sudah dilakukan, ini merupakan kekalahan kedua yang dialami timnas U-21. Namun, pasukan Widodo itu masih bisa berbenah sebelum benar-benar berlaga di kompetisi yang akan dilakukan di Brunei. Mereka masih akan melakukan satu kali laga uji coba melawan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Jumat (17/2).