Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Luis Enrique Latih Barca Musim Depan?

By Husein Noval - Selasa, 21 Februari 2012 | 01:15 WIB
Luis Enrique (Getty Images)

Benarkah Pep Guardiola akan pergi dari kursi pelatih Barcelona musim depan? bila benar, lalu siapa penggantinya?

Hingga saat ini Pep dan Barca belum ada kata sepakat soal kontrak baru, padahal musim panas nanti ia akan berstatus free agent.

Rumor soal kepindahan Guardiola sudah beredar sejak tahun 2011 lalu. Bahkan ada rumor yang menyebutkan lelaki berusia 41 tahun itu telah setuju pindah ke Inter awal musim 2012/2013.

Konon, penyebab Inter susah dapat pelatih awal musim ini juga disebabkan oleh Pep. Kok bisa? ya karena memang kedua pihak sudah punya kesepakatan, maka sulit mencari pelatih yang mau menanggani Nerazzurri cuma satu musim.

Lalu benarkah Pep akan pergi? sungguh belum jelas. Sungguh, untuk saat ini hanya Pep sendri yang tahu jawabannya.

Kini kabarnya Barcelona sudah menyiapkan plan B bila Pep benar-benar hengkang.  Calon pengganti yang diusung tak lain adalah pria yang sudah benar-benar mengenal Barcelona luar-dalam, Luis Enrique.

Ya, pelatih AS Roma ini disebut-sebut sebagai salah satu calon terkuat pengganti Guardiola. Dilaporkan oleh situs eleconomista.es, Enrique bisa pergi dari Roma akhir musim ini walaupun ia baru menanggani Francesco Totti cs. sejak awal musim ini.

Masih menurut situs eleconomista.es, dalam klasul kontrak Enrique disebutkan bahwa ia boleh pergi dari Roma bila datang tawaran kerja dari Barca, dan Gialorosso tidak akan meminta biaya kompensasi untuk itu.

Enrique sendiri dianggap cocok sebagai pengganti Pep. Maklum, ia memang sudah jadi ikon di klub asal Catalunia itu. Sebagai pemain ia mengabdi di Camp Nou dari tahun 1996 hingga 2004. Tahun 2008 ia menjadi pelatih tim Barcelona B dan dianggap berhasil menanggani anak-anak muda binaan Blaugrana.

Begitulah kira-kira skenario yang mungkin terjadi nanti. Jadi, kita tunggu saja bagaimana kelanjutan beritanya.