Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kalah, Indonesia Bersua Vietnam di Semifinal

By Frengky Aruan - Kamis, 23 Februari 2012 | 20:51 WIB
AFC Futsal Championship (AFC)

Putih harus takluk di tangan Thailand dengan skor 5-2.

Di laga yang digelar di Kiraves Indoor Stadium, Bangkok, Kamis (23/2), Denny Handoyo cs. sebenarnya berpeluang besar memetik kemenangan. Hal itu terjadi setelah Afif Tamimy membawa Indonesia memimpin lebih dulu ketika laga baru berusia dua menit.

Namun apa mau dikata. Thailand bangkit dan dua menit kemudian bisa menyamakan kedudukan lewat Thankorn Penpakul. Tim Gajah Putih bahkan kembali membombardir gawang Indonesia setelah gol pertama tercipta.

Tak tanggung-tanggung, tiga gol mereka ciptakan, masing-masing dibuat oleh Suphawut Thueanklang (11'), Jetsada Chudech (19' dan 31'), sebelum akhirnya diperkecil oleh Caisar Oktavianus Silintonga pada menit ke-33.

Empat menit sebelum laga benar-benar berakhir, Thailand akhirnya memastikan diri memetik kemenangan. Sebuah gol lewat Jirawat Sornwichian membawa Thailand menang dengan skor 5-2.

Atas hasil itu, Thailand pun mempertahankan posisinya di puncak klasemen Grup A dengan perolehan poin 12. Sementara Indonesia harus puas tetap berada di peringkat kedua dengan poin enam.

Malaysia Mengamuk

Di tempat berbeda, Malaysia mengamuk. Setelah menuai hasil kurang memuaskan di dua laga, masing-masing melawan Vietnam (Kalah 0-4) dan Australia (imbang 4-4), Harimau Malaya membantai Kamboja 14-3.

Sayang kemenangan itu tak membawa hasil positif. Pasalnya, Australia yang sebelumnya mengatungi empat poin, bermain imbang dengan Vietnam 4-4. Dengan poin lima, Australia pun berhak mendampingi Vietnam yang telah mengumpulkan poin tujuh, melaju ke partai semifinal.

Di babak empat besar itu, Negeri Kangguru akan menghadapi Thailand. Sementara Vietnam ditantang Indonesia.