Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Cetak Gol, Mario Costas Menangkan Persela

By Frengky Aruan - Selasa, 28 Februari 2012 | 17:30 WIB
Mario Costas, golnya bawa Persela menang. (Arief Bagus/Bolanews)

1.

Di laga yang berlangsung di Stadion Surajaya, Lamongan, Selasa (28/2), kedua tim saling menunjukkan hasrat besarnya untuk memetik kemenangan. Dengan berbagai skema serangan, mereka membuat laga menjadi sangat menarik.

Hanya saja, Persela yang membuka laga dengan permainan cepat dan terbuka harus tertinggal lebih dulu pada menit ke-13. Gol yang membuat Laskar Joko Tingkir tertinggal diciptakan oleh Osas Marvelous Ikpefua lewat sebuah penyelesaian yang menyulitkan Choirul Huda, kiper Persela.

Untungnya ketertinggalan itu tak membuat kubu Persela patah semangat. Hal itu terbukti. Secara perlahan, mereka coba kembali membangun serangan dari berbagai sisi pertahanan PSMS.

Pada menit ke-43, Persela pun akhirnya bisa memecah kebuntuan. Gol indah yang diciptakan Gustavo Lopez dari tendangan bebas mengubah skor menjadi imbang hingga babak pertama berakhir.

Tapi, tak hanya sampai di situ. Semangat menggebu yang dimiliki anak-anak Lamongan bahkan membuat Persela bisa membalikkan keadaan pada menit ke-65. Kali ini gol diciptakan oleh Mario Costas lewat sebuah tandukan dengan menyambut umpan lambung dari tengah lapangan.

Delapan menit berselang, Persela bahkan nyaris menambah keunggulan. Tapi sayang, bola hasil sepakan keras Zaenal Arifin masih bisa diblok Markus H. Maulana. Skor pun tak berubah 2-1.

Terus dihampiri keberuntungan, Persela harus rela menerima petaka pada menit ke-78. Laskar Joko Tingkir terpaksa bermain dengan 10 orang pemain setelah Danu Rosade mendapat kartu kuning kedua.

Situasi itu jelas merugikan Persela. Sebaliknya, sebuah keuntungan bagi Ayam Kinantan. Tapi sayang, unggul jumlah pemain tak bisa dimaksimalkan oleh kubu PSMS. Skor pun tak berubah dan memastikan Persela memetik kemenangan di lanjutan ISL.

Dengan kemenangan itu, Persela naik satu tangga ke posisi keempat dengan poin 24. Menggusur Mitra Kukar yang harus turun ke posisi kelima. Sementara itu, hasil ini membuat PSMS harus puas tetap berada di tempat ke-13.

Susunan Pemain:

Persela: 1-Choirul Huda, 14-Fathurahman, 15-Roman Golian, 13-Suroso (Pitono 59'), 5-Taufiq Kasrun, 19-Jimmy Suparno, 17-Danu Rosade (Kartu Merah 78'), 11-Satoshi Otomo (Zaenal Arifin 71'), 8-Gustavo Lopez, 9-Gerry Setia, 18-Mario Costas

Cadangan: 21-Ali Barkah, 3-Pitono, 6-Dedi Indra, 2-Zaenal Arifin, 70-Mario Rokhmanto, 10-Rudi Widodo, 7-Aris Alfiansyah

PSMS: 20-Markus H. Maulana, 32-Wawan Widiantoro (Rahmad 72'), 4-Ledi Utomo, 5-Sasa Zecevic, 16-Denny Rumba, 22-Alamsyah Nasution (Antoni 67'), 10-Osas Marvelous Ikpefua, 7-Inkyun Oh, 11-Zulkarnain (Malau 82'), 18-Choi Dong Soo

Cadangan: 2-Eddy Kurnia, 81-Eko Prasetyo, 29-Rahmad, 23-Rahmadhan Saputra, 14-Muh. Antoni, 21-Arie Supriatna, 19-Yoseph Ostanika Malau