Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Buffon: Lawan Milan, Tak Ada Gol Kedua

By Yohanes Sigit - Selasa, 28 Februari 2012 | 17:48 WIB
Gianluigi Buffon (Getty Images)

Penjaga gawang Juventus, Gianluigi Buffon, merasa kalau bola sundulan gelandang Internazionale, Sulley Muntari, tak melewati garis gawang saat kedua tim bentrok di San Siro, Minggu (26/2).

Ya, sebelum keadaan diimbangkan lewat gol Alessandro Matri pada menit ke-83, tuan rumah sebenarnya sukses menggandakan kedudukan lewat tandukkan kepala Muntari. Dalam tayangan ulang terlihat jelas kalau si kulit bundar telah melewati garis gawang sebelum Buffon membuangnya keluar.

Namun fakta yang terjadi di lapangan nyatanya tak sesuai dengan pernyataan Buffon seusai laga.

"Saya ulangi, Jika saya tahu bahwa bola sudah melewati garis, maka saya tidak akan mengatakan apa-apa," ujar Gigi Buffon pada Sky Sport Italia, Selasa (28/2).

Gigi juga berkomentar serupa saat ditemui La Stampa. Katanya, "Bawakan aku siapapun untuk membantu wasit," katanya. "Yang saya pikirkan hanyalah untuk menyelamatkan bola. Mungkin Muntari harus melakukannya lebih baik," jelas pemain berusia 34 tahun itu.

Sang pengadil, Paolo Tagliavento, memang jadi sorotan. Setelah insiden itu, Tagliavento kembali mengukir kontroversi setelah menganulir gol Matri dengan alasan offside. Maka inilah komentar Buffon soal pertandingan bertajuk Grande Partita itu.

"Insiden yang tidak menguntungkan mereka mungkin juga kami alami. Gol onside (Matri) dianulir. Mungkin skor akan berakhir 2-2 pula," pungkasnya.

Hasil 1-1 ini belum mengubah posisi teratas klasemen Serie A. Rossoneri tetap dipuncak dengan selisih satu angka dengan pimpinan kedua, Juventus yang masih memiliki tabungan satu pertandingan.