Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tertekan di Awal Laga, Pelita Jaya Gagal Curi Poin

By Benediktus Gerendo Pradigdo - Selasa, 28 Februari 2012 | 21:39 WIB

4, dengan kondisi sempat tertinggal 0-4 terlebih dahulu.

The Young Guns bertandang ke Wamena tanpa diperkuat tiga penyerang andalannya. Absennya Safee Sali, Greg Nwokolo, dan Aleksandar Bajevski di laga ini ternyata sangat mempengaruhi mental bertanding rekan-rekan setimnya.

Babak pertama Pelita langsung tertinggal 3-0. Gol pertama Persiwa diciptakan Shibako Yuichi saat pertandingan baru berjalan delapan menit. Dua gol tambahan di babak pertama diciptakan oleh Erick Weeks Lewis pada menit ke-23 dan 28.

Pelita Jaya semakin terpuruk dengan tambahan gol yang diciptakan Edison Pieter Romaropen tiga menit sejak babak kedua dimulai. Namun, akhirnya Pelita Jaya mampu memperkecil ketertinggalan melalui dua gol John Tarkpor Sonkalliey pada menit ke-72 dan 79. Sayang, The Young Guns gagal menambah lagi gol untuk setidaknya bisa mencuri poin di laga pertama tur Papua ini.

Menanggapi kekalahan ini, Asisten Manajer Pelita Jaya, I Made Pasek Wijaya membenarkan bahwa absennya tiga ujung tombak The Young Guns sangat mempengaruhi penampilan timnya. Bahkan ia melihat sejak awal timnya sangat tertekan.

"Para pemain tampil tertekan di babak pertama. Itu membuat kami kecolongan tiga gol. Tidak hadirnya tiga penyerang andalan kami tak bisa dipungkiri mempengaruhi penampilan kami. Meski begitu kami tetap salut pada perjuangan mereka," ungkap I Made Pasek Wijaya saat dihubungi via telepon, Selasa (28/2) malam WIB.

Kemenangan Persiwa membuat tim asal Papua itu sekarang menggeser Sriwijaya FC dan Persipura Jayapura untuk memuncaki klasemen sementara Indonesia Super League (ISL). Persipura kini mengumpulkan 29 poin dari 14 pertandingan yang sudah mereka jalani. Sementara Pelita Jaya saat ini berada di posisi ke-12 dengan 14 poin dari 12 laga.