Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Gusti Randa Usung Tiga Kata

By Benediktus Gerendo Pradigdo - Rabu, 29 Februari 2012 | 18:30 WIB
Gusti Randa (Erly Bahtiar/Bolanews)

2016, Gusti Randa mengusung tiga kata penting dalam pemaparan visi dan misinya di acara Debat Visi-Misi di kantor KPSI, Senayan, Jakarta, Rabu (29/2). Ketiga kata itu yakni, Benar, Bersih, dan Bersama.

Menurut Gusti Randa, ketiga kata itu penting dalam sebuah organisasi seperti PSSI. Kata Benar dalam kamus umum bahasa Indonesia, disampaikan Gusti mempunyai arti yaitu betul dan sungguh. "Jadi, kita harus benar dulu. Kalau kita tidak benar, tentu hasilnya pasti hancur," kata Gusti Randa disela-sela pembacaan makalah visi dan misinya.

Kata benar itu pula yang dilekatkan Gusti Randa ke dalam beberapa hal yang menyangkut keorganisasian PSSI. "Benar dalam membangun tata kelola organisasi sepak bola Indonesia. Benar dalam membuat struktur maupun infrastruktur. Benar dalam membangun prestasi. Benar dalam pembinaan, serta benar dalam membangun mental dan dedikasi kepada para pemain sepak bola yang berjuang untuk bangsa," sambungnya memaparkan isi makalahnya.

"Kalau tidak benar dalam lima hal itu, sang mustahil tujuan kita akan tercapai," jelasnya. Sama halnya seperti kata benar, Gusti juga melekatkan kata "Bersih" dalam lima hal di atas. "Jangan karena kita ingin menang, kita melakukan tindakan yang tidak bersih," ucapnya.

"Setelah kita sudah benar dan bersih, maka kita harus bersama," terangnya. Menurut makalah yang juga dibagikan ke para awak media, Gusti menjelaskan kata "Bersama" adalah sebuah kata berawalan ber dengan kata dasar sama. Artinya, bersama merupakan kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama dengan tujuan yang sama untuk mencapai kebahagiaan bersama.

"Kalau kita ditanya, mau ke mana kita membawa sepak bola Indonesia, maka jawabannya adalah Statuta PSSI. Di dalam Statuta itu sudah jelas. Statuta PSSI juga sudah di setujui FIFA."