Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Indonesia Tertinggal Empat Gol di 45 Menit Pertama

By Peksi Cahyo Priambodo - Rabu, 29 Februari 2012 | 21:30 WIB
Ismaeel Abdulatif cetak gol pembuka (Bay Ismoyo/AFP)

Indonesia langsung tertinggal empat gol tanpa balas dari Bahrain di 45 menit pertama pertandingan terakhir Grup E Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2014 Zona Asia, Rabu (29/2) malam WIB. Gawang Andi Muhamad Guntur bobol empat kali setelah Indonesia harus bermain dengan 10 pemain.

Indonesia sudah harus merasakan pil pahit saat pertandingan baru berjalan tiga menit. Kiper utama Tim Garuda, Samsidar, diusir wasit karena melakukan pelanggaran dengan sengaja menarik pemain Bahrain yang sudah mengecohnya. Indonesia harus mengganti kiper dengan memasukkan Andi Muhamad Guntur dengan menarik keluar Slamet Nur Cahyo sebagai gantinya.

Pelanggaran Samsidar tak hanya berbuah kartu merah bagi kiper Indonesia itu, tapi juga hadiah penalti bagi Bahrain. Eksekusi penalti dilakukan dengan baik oleh Ismael Abdul Latif yang membuka keunggulan bagi timnya pada menit kelima.

Namun, hanya berselang 10 menit setelah gol pertama, gawang Indonesia harus kembali bobol. Kali ini Abdullah Omar menjadi pencetak gol bagi Bahrain setelah memaksimalkan bola rebound yang gagal diantisipasi dengan baik oleh Andi Muhamad Guntur.

Bahrain mendapatkan kesempatan emas untuk kembali menambah pundi-pundi golnya setelah tim tuan rumah ini kembali mendapat hadiah penalti pada menit ke-23 usai Diego Michiels dinilai wasit melakukan pelanggaran terhadap pemain Bahrain di dalam kotak penalti. Beruntung Andi Muhamad Guntur berhasil menghalau eksekusi tendangan penalti dengan baik.

Wasit untuk ketiga kalinya memberikan hadiah penalti kepada Bahrain pada menit ke-34. Kali ini kesempatan emas itu tak disia-siakan oleh Bahrain. Eksekusi tendangan penalti yang dilakukan Mahmod Abdulrahman itu sukses menjebol gawang Indonesia untuk ketiga kalinya.

Sembilan menit kemudian Bahrain menciptakan gol keempat melalui tandukan kepala Mahmod Abdulrahman yang menerima umpan dari Abdullah Omar dari sisi kanan lapangan. Gol keempat Bahrain ini menjadi gol penutup keunggulan Bahrain di babak pertama.

****

Susunan pemain:

Bahrain: 1-Sayed Mohamed, 2-Waleed Mohamed, 3-Abdula Abdulrahman, 4-Sayed Dhiya, 5-Saleh Abdulhameed, 7-Abdulwahab Ali, 10-Mohamed Ali, 11-Ismael Abdul Latif, 13-Mahmod Abdulrahman, 14-Salman Isa, 15-Abdullah Omar.

Indonesia: 1-Samsidar, 6-Rendi Saputra, 8-M. Taufiq, 10-Irfan Bachdim, 11-Aditya Dewa, 13-Gunawan Dwi Cahyo, 14-Hengki Ardiles, 15-Diego Michiels, 17-Ferdinand Alfred Sinaga, 19-Slamet Nur Cahyo (12-Andi Muhamad Guntur, 4'), 22-Abdul Rahman.