Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Soldado Hattrick, Spanyol Gulung Venezuela 5-0

By Lilianto Apriadi - Kamis, 1 Maret 2012 | 05:42 WIB
Roberto Soldado, hat-tricknya membuat Fernando Torres makin terpojok. (Fifa.com)

0 atas Venezuela dalam laga uji coba yang digelar di Estadio La Rosaleda, Malaga, Kamis (1/3). Dalam pertandingan ini Roberto Soldado mencatat hattrick.

La Furia Roja unggul segalanya dari negara asal Amerika Latin tersebut. Sejak awal permainan sudah dikuasai oleh Andres Iniesta cs.

Meski begitu gol yang ditunggu-tunggu publik tuan rumah baru datang tujuh menit jelang turun minum. Adalah Iniesta yang menjadi pemecah kebuntuan melalui gol cantiknya memanfaatkan sodoran Cesc Fabregas. Gol ini seakan membuka keran gol Spanyol. Hanya berselang tiga menit anak asuh Vincente Del Bosque menggandakan keunggulan melalui David Silva.

Pada babak kedua dominasi Spanyol tetap berlangsung. Baru empat menit babak kedua berlangsung Soldado sudah bisa menjebol gawang Venezuela. Menit ke-54 Soldado mencetak gol keduanya dalam pertandingan ini. Memanfaatkan crossing Arvalo Arbeloa, tendangan voli Soldado menghujam gawang yang dikawal Daniel Santos.

Menit ke-65 tim tamu makin menderita menyusul kartu merah yang diberikan pada pemain belakang mereka, Amorebieta. Kartu merah itu diberikan setelah ia menjatuhkan Soldado di kotak terlarang. Soldado yang menjadi algojo gagal menyelesaikan peluang setelah tendangannya ditepis oleh Santos.

Gagal mengeksekusi penalti tak membuat mental Soldado jatuh. Bomber asal Valencia itu membayar lunas kegagalannya di menit ke-84 dengan mencatat hattrick. Hingga tuntas skor 5-0 mampu dipertahankan Spanyol.

Tiga gol yang dibuat Soldado patut menjadi sorotan, ia seakan membuktikan diri sebagai striker terbaik di Spanyol saat ini. Penampilan hebat yang ia tunjukkan malam ini membuat posisi Fernando Torres di timnas makin terpojok.