Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Zozulitsa, Vuvuzela dari Ukraina

By Husein Noval - Sabtu, 3 Maret 2012 | 03:28 WIB
Zozulitsa (Istimewa)

Masih ingat vuvuzela, alat musik tiup khas Afrika Selatan yang suara nyaringnya selalu terdengar  sepanjang Piala Dunia 2010 lalu? Nah! untuk meramaikan Euro 2012, Ukraina selaku salah satu tuan rumah penyelenggara juga punya alat tiup yang mirip.

Vuvuzela versi Ukraina bernama Zozulitsa atau biasa dikenal juga dengan sebutan Zozu. Bedanya, Zozu dibuat dari bahan keramik yang di campur material-material alami.

Bila Vuvuzela mendapat kecaman karena suaranya dianggap sangat menggangu, maka Zozu dianggap lebih ramah karena suaranya tidak bising.

"Zozulista suaranya rendah dan tidak akan menggangu orang-orang layaknya vuvuzela," kata Oleksandr Kucheryavyi, Presiden divisi  Sports & Marketing Association  Ukraina kepada TSN. "Kami sudah menyampaikan ini kepada komite Euro 2012 dan sekarang segalanya dalam proses negosiasi," tuntasnya.

Ya, hingga saat ini memang belum belum diketahui apakah EUFA nantinya memperpolehkan Zozu diperdagangkan selama Euro dan bisa dibawa masuk ke stadion.  Anda penasaran bagaimana bunyi Zozu? silahkan anda kunjungi link video dari rutube ini.