Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kalahkan Bolton, City Kokoh Dipuncak Klasemen

By Arnoldi - Sabtu, 3 Maret 2012 | 23:52 WIB
Mario Balotelli (Getty Images)

0 di Etihad Stadium, Sabtu (4/3) malam WIB.

Tampil di depan publik sendiri, City langsung menggebrak sejak menit pertama. Mereka menekan Bolton mulai dari lini pertahanannya sehingga Wanderers tak bisa mengembangkan permainannya. Beberapa peluang pun juga berhasil dikreasikan City. Sayang, penyelesaian akhir yang buruk dari lini depan The Citizens membuat peluang itu sia-sia.

City baru bisa mencetak gol pada menit ke-22. Melepaskan tembakan dari luar kotak penalti, bola sepakan Gael Clichy sempat membentur kepala bek Bolton. Perubahan arah bola membuat kiper Bolton gagal menghalau bola masuk ke gawang. Skor 1-0 untuk keunggulan City pun bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, City tetap tak mengendurkan tekanan mereka pada Bolton. Skuad asuhan Roberto Mancini itu terus melancarkan serangan dan menciptakan beberapa peluang. Salah satu peluang itupun berhasil mereka konversi menjadi gol pada menit ke-69.

Gol kedua City itu dicetak oleh Mario Balotelli. Berdiri bebas tanpa pengawalan di depan gawang Bolton, bomber asal Italia itu langsung melesakkan tendangan terukur ke pojok kiri bawah gawang Adam Bogdan menyambar umpan tumit dari Adam Johnson.

Selepas gol Balotelli, City tetap tak menurunkan frekuensi serangan mereka. Walau menciptakan banyak peluang, City gagal menambah keunggulan mereka karena lini depan mereka masih sering membuang-buang peluang. Skor 2-0 untuk keunggulan City itupun bertahan hingga akhir pertandingan.

Dengan raihan tiga angka di pertandingan ini, City berhasil memperkokoh posisi mereka di puncak klasemen dengan catatan 66 poin. Mereka unggul lima poin dari Manchester United di peringkat kedua, yang baru akan menghadapi Tottenham Hotspur, Minggu (4/3). Sedangkan bagi Bolton, kekalahan ini membuat mereka terpaku di peringkat ke-19 klasemen sementara dengan hanya membukukan 20 poin dari 27 laga yang telah mereka jalani musim ini.

Susunan Pemain
Manchester City:
Joe Hart; Joleon Lescott, Vincent Kompany, Gael Clichy, Pablo Zabaleta (Kolo Toure 20); Gareth Barry, David Pizarro (Dzeko 60,), Yaya Toure, Samir Nasri, Adam Johnson; Mario Balotelli

Bolton Wanderers: Adam Bogdan; Zat Knight, David Wheater, Samuel Ricketts, Gretar Rafn Steinsson;Nigel Reo-Coker; Tim Ream, Darren Pratley (Fabrice Muamba 87'), Ryo Miyaichi, Mark Davies; David Ngog