Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tertahan, Juve Semakin Jauh Tertinggal dari Milan

By Arnoldi - Minggu, 4 Maret 2012 | 04:15 WIB
Emanuele Giaccherini berduel dengan pemain belakang Chievo. (Getty Images)

1 melawan Chevo di Juventus Stadium, Minggu (4/3) dini hari WIB.

Demi memangkas selisih poin mereka dari AC Milan di puncak klasemen, Juve bermain menekan sejek menit pertama di pertandingan ini. Mereka berusaha mengontrol jalannya permainan demi menciptakan banyak peluang emas.

Taktik berjalan cukup sukses. Walau sedikit kesulitan menembus pertahanan Chievo yang ketat, Juve tetap berhasil mengkreasikan beberapa peluang yang membahayakan gawang Chievo. Bahkan salah satu dari peluang tersebut berbuah gol pada menit ke-18.

Berawal dari tendangan bebas Andrea Pirlo, Giorgio Chiellin berhasil menanduk bola ke gawang Gialloblu. Stefano Sorrentino memang berhasil menepisnya, tapi bola tersebut langsung disundul Paolo De Ceglie ke gawang. Skor pun berubah 1-0 untuk keunggulan Si Nyonya Tua, yang bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Juve terus melanjutkan tekanan mereka pada Chievo. Namun, kini mereka mendapat perlawanan yang cukup keras dari Si Keledai Terbang. Mereka mampu mengimbangi permainan Alessandro Matri cs. Bahkan Mussi Volanti mampu mengejutkan Bianconeri lewat gol mereka pada menit ke-76.

Lepas dari kawalan pemain bertahan Juve sambil menerima umpan terobosan Davide Moscardelli, Boukary Drame melepaskan sepakan keras yang tak bisa ditepis Gianluigi Buffon ke pojok kanan bawah gawangnya. Skor pun berubah jadi 1-1.

Tak ingin berakhir seri, Antonio Conte menginstruksikan anak asuhnya untuk mengintensifkan serangan mereka ke gawang Chievo. Namun, ketatnya lini belakang Gialloblu ditambah impresifnya performa Stefano Sorrentino membuat La Vecchia Signora kesulitan untuk mecetak gol tambahan. Akhirnya skor 1-1 pun bertahan hingga peluit panjang berbunyi.

Raihan satu poin di Juventus Stadium ini merupakan sebuah kerugian bagi Juve. Akibat hasil seri tersebut, Si Nyonya Tua kini tertinggal tiga poin dari I Rossoneri di puncak klasemen meski mereka masih menyimpan satu laga yang belum dimainkan. Sementara itu bagi Chievo, hasil imbang di kandang Juve ini membuat posisi mereka naik ke peringkat kesembilan klasemen sementara dengan raihan 34 poin.

Susunan pemain:

Juventus: Buffon; Lichtsteiner (Del Piero 78'), Barzagli (Bonucci 41'), Chiellini, De Ceglie; Padoin, Pirlo, Marchisio (Caceres 72'); Giaccherini, Matri, Vucinic

Chievo: Sorrentino; Sardo, Andreolli, Acerbi, Drame; Bradley, Rigoni, Luciano (Hetemaj 64'); Thereau, Sammarco (Moscardelli 64'); Paloschi